OC Kaligis:

Nazaruddin Tidak Lihat Gelar Bukti Isi Tas

Tas Hitam Nazaruddin
Sumber :
  • tvOne

VIVAnews - Pengacara Muhammad Nazaruddin, OC Kaligis, mengatakan, kliennya semestinya menyaksikan proses gelar barang bukti berupa isi tas hitam milik Nazaruddin oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

DalamĀ  jumpa pers semalam, KPK membuka tas milik Nazaruddin dan menunjukkannya di hadapan media. Diketahui, isi tas itu berisi beberapa barang elektronik dan sejumlah uang. Namun, dalam gelar barang bukti tersebut, pemilik tas tidak ikut dihadirkan untuk mengetahui kebenaran isi tas itu.

OC Kaligis mengatakan, dalam Pasal 129 Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana menyatakan, jika penyidik memperlihatkan benda yang akan disita, harus disita pada keluarganya, ditunjukkan kepada keluarganya juga.

Anies Buka Peluang Maju Pilgub Jakarta: Saya Baru Satu Periode

"Ditunjukkan agar tahu. Karena akan dimintai keterangan soal benda itu," kata OC di Mako Brimob Depok, Jawa Barat, Minggu 14 Agustus 2011.

Semua isi di dalam tas hitam itu sudah dibungkus plastik. Tas itu sendiri masih dalam keadaan tersegel sejak dari Kolombia. Sebelum disegel, tas itu sudah diambil gambar awal. Penyegelan dan pemeriksaan isi semua barang dalam tas dilakukan di depan Duta Besar RI untuk Kolombia, Michael Manufundu.

Berikut isi tas hitam Nazaruddin:

1. Satu buah BlackBerry Torch

2. Charger BlackBerry Torch

3. Micro SD

4. Kartu SIM Card Movi Star

5. BlackBerry jenis Bold 9700 tanpa tutup belakang

6. Nokia C5 dengan SIM Card Via Tel dari Vietnam

7. Nokia E7 warna hitam

8. Flash disk merek Sony

9. Satu buah pohon kristal

10. Kabel data

11. Jam tangan hitam dengan kondisi kaca depan pecah

12. Satu buah charger BlackBerry warna hitam

13. Satu buah tiket elektronik atas nama Syarifuddin dari Cartagena menuju Bogota

14. Lima lembar kartu nama

15. Uang tunai US$20 ribu, masing-masing 100 lembar US$100 yang dibundel pita kertas BCA dan 100 lembar lainnya dengan denominasi US$100 yang dibundel kertas putih.

16. Satu buah dompet Luis Vitton berisi US$100 sebanyak 5 lembar, US$50 sebanyak 2 lembar, US$10 sebanyak 8 lembar, dan 50 ribu peso Kolombia

17. Tas kecil berwarna hitam merek Dunhill

Lihat video isi tas Nazaruddin di tautan ini. (art)

Mengenali Tanda-Tanda Tantrum Tidak Normal pada Anak, Orang Tua Harus Merespons dengan Cermat
Pemain Timnas Indonesia U-23

Bikin 2 Gol ke Gawang Korsel, Begini Kata Rafael Struick

Penyerang Timnas Indonesia U-23 Rafael Struick menilai kemenangan atas Timnas Korea Selatan U-23 adalah buah kinerja tim.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024