Zona Bahaya Soputan Hingga Radius 6 Kilometer

Letusan Gunung Soputan
Sumber :
  • AP Photo/Grace Wakary

VIVAnews - Status Gunung Soputan di Kabupaten Minahasa Selatan, Sulawesi Utara ditingkatkan dari waspada menjadi siaga, Minggu 14 Agustus 2011. Masyarakat dilarang beraktivitas di sekitar gunung tersebut.

"Tidak ada aktivitas di Camping Ground atau 4 kilometer dari puncak Gunung Soputan," kata Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho kepada VIVAnews.com di Jakarta, Minggu 14 Agustus 2011.

Masyarakat juga dilarang beraktivitas dalam radius enam kilometer dari puncak Gunung Soputan. "Guna menghindari guguran kubah lava dan awan panas," ujar dia.

Sebelumnya, Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Surono, mengatakan peningkatan status Soputan karena terjadi dua letusan hari ini. Letusan pertama terjadi pada pukul 07.55 WITA, sedangkan kedua pukul 09.27 WITA. "Semburan asapnya sekitar 1.200 meter dari puncak," kata Surono.

Dengan peningkatan status Soputan itu, berarti hingga hari ini ada lima gunung api yang berstatus Siaga. Gunung-gunung berstatus siaga itu adalah Soputan, Lokon, Karangetang, Ibu, dan Papandayan. (art)

Demokrat Munculkan Nama Dede Yusuf untuk Pilkada Jakarta 2024
Ilustrasi KTP.

Pemprov: Warga Jakarta yang NIK-nya Dinonaktifkan Bisa Ajukan Keberatan

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta Budi Awaludin mempersilakan warga untuk mengajukan keberatan jika terkena penonaktifan NIK.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024