Bursa Efek Indonesia Tembus Level Psikologis

Para pialang Wall Street bersorak melihat indeks S&P 500
Sumber :
  • AP Photo/M. Spencer Green

VIVAnews - Wall Street kembali bercokol di posisi positif pada transaksi Senin malam waktu New York atau Selasa dini hari waktu Indonesia. Sentimen tersebut, disinyalir masih menjadi faktor utama penguatan indeks harga saham gabungan di Bursa Efek Indonesia.

"Indeks bursa saham nasional sepertinya dapat kembali menyentuh level psikologis di 4.000 dan bergerak dalam kisaran 4.000-3.900," tutur analis PT BNI Securities Asti Pohan kepada VIVAnews.com di Jakarta, Selasa 16 Agustus 2011.

Menurutnya, bergairahnya kembali bursa Amerika Serikat yang terpicu menariknya valuasi harga saham sejumlah perusahaan dan wacana akusisi beberapa perusahaan besar diprediksi memberikan semangat pada investor untuk berinvestasi pada pasar modal di bursa.

Apalagi, dia menambahkan, kinerja perusahaan Indonesia cukup baik pada semester I tahun ini dan harga beberapa saham nasional sudah terkoreksi dalam, serta belum sepadan dengan kinerja di tahun ini.

Sedangkan research analyst PT Panin Sekuritas Tbk Purwoko Sartono berpendapat, meski IHSG berpeluang menguat kembali tapi pergerakannya akan terbatas. Sebab, secara teknis mulai memasuki area jenuh beli.

Ternyata Ada 3 Tentara Wanita Malaysia yang Tewas dalam Kecelakaan Helikopter

"Faktor utama penguatan indeks masih terbawa sentimen bursa global maupun regional," tuturnya di tempat terpisah. Dia memperkirakan, indeks saham gabungan hari ini akan bergerak pada kisaran 3.925-4.016.

Redam Kekhawatiran

Sementara itu, Indeks Dow Jones Industrial Average di Wall Street kembali menguat terpicu berita positif aksi pembelian perusahaan dan ekonomi Jepang yang membaik setelah didera gempa dan tsunami 11 Maret lalu.

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan

Semua itu, menurut para analis, disinyalir berhasil meredakan kekhawatiran pelaku pasar bahwa ekonomi AS mungkin akan jatuh kembali ke dalam resesi.

Namun, para analis tetap mengingatkan agar investor tidak mengasumsikan bahwa pasar saham sepenuhnya tenang mesti dalam tiga hari terakhir bergerak stabil.

"Anda mungkin memiliki saat-saat tenang, tapi krisis utang di Eropa tidak pergi," kata John Hailer, chief executive Asset Management Natixis Global untuk AS dan Asia seperti dilansir laman AP.

Cerita Perjuangan TikTokers Sasya Livisya, Sering Dapat Hate Comment karena Penampilannya

Indeks Dow naik 213,88 poin atau 1,90 persen ke level 11.482,90. Indeks Standard & Poor 500 juga naik 25,68 poin atau 2,18 persen menjadi 1.204,49. Serta indeks komposit Nasdaq yang menguat 47,22 poin atau 1,88 persen di posisi 2.555,20. (ren)

Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Mulai Hari Ini, Prabowo Subianto Bakal Dikawal Paspampres

Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menetapkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024