Bintang Kejora Berkibar di Perbukitan Papua

Penurunan bendera Bintang Kejora milik OPM di Papua beberapa waktu silam.
Sumber :
  • VIVAnews/Banjir Ambarita

VIVAnews -- Jelang peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-66, sebuah insiden beraroma separatisme terjadi di Papua. Tadi pagi, bendera bintang kejora, simbol separatisme Organisasi Papua Merdeka (OPM) berkibar di perbukitan Jayapura, tepatnya di Pegunungan Tanah Hitam. Penurunan bendera oleh aparat gabungan TNI dan Polri diwarnai insiden penembakan.

Dikonfirmasi, Juru Bicara Polda Papua, Komisaris Besar Wachyono mengatakan, dua bendera bintang kejora telah diturunkan dan kini disita. "Bendera dikibarkan di perbukitan dengan jarak antar bendera yang satu dengan yang lain cukup jauh, sehingga sempat menyulitkan aparat untuk menurunkannya karena lokasinya cukup terjal," kata dia Selasa 16 Agustus 2011.

Saat ini, tim gabungan  TNI dan Polri masih mengejar pelaku. "Saat ini masih dilakukan perburuan tapi karena medan yang berbukit dan agak mengalami kesulitan," tambah dia.

Sementara, menurut keterangan warga, Faisal, aksi pengibaran terungkap bermula ketika salah satu warga Tanah Hitam bernama Hendra berteriak minta tolong karena dipanah oleh seseorang, Selasa pagi. Teriakan itu memancing warga ke luar rumah dan mengejar pelaku yang lari ke arah perbukitan.

Dalam pengejaran itu, warga mendengar suara letusan dari arah perbukitan. Sontak, warga ketakutan dan kembali turun. Saat turun itulah terlihat bendera bintang kejora dikibarkan. Warga kemudian melapor ke aparat. Saat aparat menuju lokasi, para pelaku tiba-tiba memberondong tembakan, lalu melarikan diri masuk hutan.

Aksi separatisme marak di Papua akhir-akhir ini. Sebelumnya, ratusan warga Papua berdemonstrasi menuntut referendum untuk menentukan kemerdekaan. Aksi ini sebagai reaksi pertemuan International Lawyer for West Papua  di London, Inggris pada 3 Agustus 2011 yang meminta referendum di Papua.

Sementara itu, aksi bersenjata yang dilakukan anggota separatis juga meningkat di Papua. Sejumlah orang tewas, termasuk anggota TNI. (eh)

Laporan: Banjir Ambarita| Papua

Soal Cincin di Jari Manis dan Dilamar di Bali, Ini Kata Syifa Hadju
Langit Yunani (Doc: X)

Langit Yunani Tiba-tiba Berubah Jadi Oranye, Ini Penyebabnya

Media sosial dibanjiri dengan gambar-gambar oanye langit di Ibu Kota Yunani yang membuat penduduk setempat dan wisatawan tercengang.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024