Pide, Roti Spesial Ramadan Khas Turki

roti pide
Sumber :
  • myrecipes.com

VIVAnews - Sajian khas buka puasa menandai suka cita Ramadan di Turki. Dari serangkaian menu tradisional yang menggugah selera, ada satu menu yang hanya muncul selama bulan suci: roti pide.

Seperti dikutip dari 40firinekmek.com, roti tradisional yang hanya dipanggang selama Ramadan itu terbuat dari adonan terigu, ragi instan, minyak zaitun, air hangat dan susu murni. Setelah matang biasa disajikan dengan taburan biji nigela dan topping yogurt.

roti pide Di sejumlah restoran, roti pide menjadi bagian dari menu set (platter) khas pembuka puasa yang terdiri dari sup iftariye, pastirma, sujuk, dan aneka kue khas yang populer dengan sebutan borek. Menu utama didominasi menu-menu warisan Kekaisaran Ottoman. Sementara hidangan pencuci mulut terbuat dari air mawar yang disebut gullac.

Dengan proporsi umat muslim mencapai 98 persen di negara tersebut, menu-menu khas tradisional semacam itu mendominasi sejumlah restoran dan rumah makan di kota-kota besar seperti Istanbul. Beberapa restoran mewah bahkan mengemasnya dalam format fine dining yang dipadukan dengan suguhan musik khas Timur Tengah.

Di Istanbul, salah satu tempat yang ramai dikunjungi saat jam buka puasa adalah Sultanahmet Square, tak jauh dari Masjid Sultan Ahmed (Blue Mosque). Di tempat itu, puluhan tenda-tenda restoran menyajikan aneka menu tradisional khas Ramadan dengan berbagai hiburan seni yang khas.

Kuota Eropa Lengkap! Berikut 24 Tim yang Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025
Ilustrasi depresi/stres.

Jadi Gampang Sakit, Benarkah Stres Mempengaruhi Sistem Imun?

Stres adalah respons alami tubuh terhadap tekanan atau tuntutan dalam hidup. Hal ini dapat dipicu oleh berbagai faktor, seperti pekerjaan, hubungan atau masalah keuangan.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024