DPR Siap Uji 8 Calon Pimpinan KPK

Bambang Widjojanto
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews–Wakil Ketua Komisi Hukum DPR Tjatur Sapto Edy menyatakan, DPR siap memproses 8 nama calon pimpinan KPK yang diajukan Panitia Seleksi Pimpinan KPK.

“Kami berharap, 8 nama yang masuk itu adalah tokoh yang sudah diuji dan diseleksi dengan baik oleh Pansel,” kata Tjatur di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis 18 Agustus 2011. Menurutnya, Senin pekan depan, Komisi III DPR akan mulai membahas jadwal uji kelayakan, dan kepatutan bagi kedelapan calon pimpinan KPK itu.

“Senin depan, kami rapat membahas jadwal fit and proper test,” kata Tjatur. Ia menuturkan, sebelum uji kelayakan dan kepatutan, Komisi III akan menjaring masukan lebih dulu dari masyarakat. Mereka juga akan menelusuri rekam jejak para kandidat.

“Hasil tracking itu akan menjadi bahan utama,” ujar Ketua Fraksi PAN itu. Selain itu, Komisi III juga akan menggali masukan dari masyarakat berhubungan dengan integritas dari lembaga yang mereka pimpin seperti PPATK.

Komisi III DPR juga akan mengunjungi keluarga masing-masing calon, dan mengecek kasus yang pernah ditangani para calon. “Semacam napak tilas,” ujar Tjatur. Setelah semua langkah itu dilakukan, kata Tjatur, barulah “Terakhir akan dilakukan fit and proper test.”

Pimpinan KPK yang terpilih dari uji kelayakan dan kepatutan itu, terang Tjatur, akan dilantik pada bulan Desember 2011. Ke-8 calon pimpinan KPK yang akan diuji di DPR adalah Abdullah Hehamahua, Adnan Pandupradja, Abraham Samad, Bambang Widjojanto, Yunus Husein, Handoyo Sudradjat, Zulkarnain, dan Aryanto Sutadi.

Pemain Timnas Malaysia Faisal Halim Terancam Pensiun Dini Akibat Serangan Air Keras
Sosok Jenderal Kopassus di Balik Operasi 20 Menit Rebut Homeyo dari Tangan OPM

Sosok Jenderal Kopassus di Balik Operasi 20 Menit Rebut Homeyo dari Tangan OPM

Pasukan gabungan TNI-Polri Satgas Nanggala Kopassus merebut kembali Distrik Homeyo di Kabupaten Intan Jaya, Papua, yang sempat diduduki oleh kelompok OPM selama tiga hari

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024