Harga Emas Naik, Laba Bumi Minerals Melonjak

ilustrasi pertambangan
Sumber :

VIVAnews - PT Bumi Resources Minerals Tbk membukukan peningkatan laba bersih sebesar 96 persen selama semester I-2011. Kenaikan laba bersih perseroan menjadi Rp343 miliar itu didorong peningkatan harga jual produk komoditas dan penurunan beban bunga serta keuangan.

Meskipun demikian, perseroan mengalami penurunan produksi tembaga dan emas dari perusahaan asosiasinya, PT Newmont Nusa Tenggara.

"Penurunan produksi Newmont yang bersifat sementara ini telah diantisipasi sebelumnya. Hal itu disebabkan oleh keterlambatan pengembangan fase 6 di wilayah tambang Batu Hijau," kata Direktur Utama Bumi Resources Mineral, Kenneth Farrell, dalam keterangan tertulis yang diterima VIVAnews.com di Jakarta, Kamis 18 Agustus 2011.

Farrell menjelaskan, Newmont saat ini memproduksi tembaga dan emas di wilayah 5 yang sudah melampaui masa produktifnya. Sementara itu, dari stock pile yang tersedia memiliki grade yang lebih rendah.

Dengan hampir selesainya pengembangan fase 6, Newmont diharapkan dapat meningkatkan produksinya pada awal 2013. Bumi Resources juga berharap untuk memulai produksi bijih besi dari Bumi Mauritania SA pada awal 2012.

Sementara itu, konsesi seng dan timah hitam perseroan yang dioperasikan oleh PT Dairi Prima Mineral diharapkan dapat memulai produksinya pada 2013. Dengan syarat, diterbitkannya izin pinjam pakai eksploitasi oleh Kementerian Kehutanan sebelum akhir tahun ini.

Direktur Keuangan Bumi Resources Mineral, Yuanita Rohali, menambahkan, realisasi harga jual tembaga dan emas perseroan pada semester I-2011 meningkat masing-masing sebesar 36 persen dan 25 persen dari periode yang sama tahun lalu.

"Perseroan juga telah berhasil melunasi sebagian pinjamannya dan membukukan rasio pinjaman terhadap modal yang cukup baik di level 0,1 kali," ujarnya.

Oleh karena itu, beban bunga dan keuangan Bumi Resources Mineral telah berkurang sebesar 61 persen. "Faktor-faktor ini yang berhasil mendorong peningkatan laba bersih perseroan sebesar 96 persen menjadi Rp343 miliar," tuturnya. (art)

Kasus Mayat Perempuan dengan Kondisi Wajah Hancur, Polisi Tangkap 3 Orang
Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko

100 Ribu Pendukung Prabowo-Gibran Diklaim Bakal Aksi di MK Besok, Polri Lakukan Ini

Pemilih dan pendukung Prabowo-Gibran disebut akan melakukan aksi damai di depan Mahkamah Konstitusi (MK) Jumat besok, 19 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024