Haruskah Memakai Bra Saat Tidur?

Tidur
Sumber :
  • dok. Corbis

VIVAnews - Saat tidur banyak wanita memilih untuk tetap mengenakan bra dengan berbagi alasan. Kebanyakan untuk menjaga bentuk payudara agar tidak turun. Sementara, ada juga yang lebih suka tidur tanpa mengenakan bra karena alasan kenyamanan.

Lalu mana yang lebih tepat, tidur tanpa bra atau tetap mengenakan bra? Seperti dilansir dari Oprah.com, Susan Nethero pemilik butik pakaian dalam, Intimacy dan Phil Haeck, MD, kepala The American Society of Plastic and Reconstructive Surgeons, mengungkapkan fakta seputar hal ini agar Anda tidak salah kaprah.

"Ukuran payudara terus meningkat dalam waktu sepuluh tahun terakhir," kata Nethero.

Menurutnya, banyak orang memiliki ukuran payudara yang cukup besar atau hamil dan menyusui yang memang butuh mengenakan bra saat malam hari. Beberapa wanita ada juga yang merasa lebih nyaman tetap mengenakan bra saat tidur. Jadi, sebenarnya tidak masalah untuk tetap mengenakan bra saat tidur.

Tetapi ia merekomendasikan untuk mengenakan bra tanpa kawat dan berbahan lembut. Bukan hanya karena alasan kenyamanan tetapi juga kesehatan. Pastikan bra yang digunakan saat tidur memiliki ukuran cup yang pas dan tidak terlalu ketat. Hal ini untuk mencegah Anda sesak napas atau kemerahan di kulit sekitar payudara.

Fakta yang harus Anda ketahui adalah, senyaman apapun bra dikenakan, mengenakannya saat tidur secara medis tak terbukti mampu mencegah payudara mengendur. "Apa yang membuat payudara tetap kencang adalah ligamen, semacam penyangga super kecil di payudara," kata Haeck.

Seiring bertambahnya usia, ligamen ini semakin menipis dan tertarik keluar. Hal inilah yang membuat payudara mengendur atau menurun. Jadi tidak tepat, jika alasan Anda mengenakan bra saat tidur adalah untuk mencegahnya mengendur.

Terkait mana yang lebih baik, tidur tanpa atau dengan bra sebenarnya sangat tergantung dari kenyamanan Anda. Itu karena rasa nyaman akan membuat tidur Anda lebih berkualitas. Jadi, sebenarnya tidak masalah tidur dengan atau tanpa bra, sejauh Anda merasa nyaman. (umi)

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa
Sidang Lanjutan sengketa perselisihan hasil Pilpres 2024 di MK

Sidang Sengketa Pilpres, MK Pertimbangkan Hadirkan Mensos hingga Menkeu

Kubu 01 dan 03 meminta izin ke MK agar bisa menghadirkan sejumlah menteri dalam persidangan sengketa Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024