Film ‘Mata Tertutup’, Potret Tokoh NII

foto ilustrasi industri film
Sumber :

VIVAnews - Sutradara Garin Nugroho kembali menggarap film baru berjudul 'Mata Tertutup'. Film yang diprakarsai Maarif Institute dan Yayasan Sains Estetika Teknologi ini akan diputar perdana di bioskop Jakarta pada Oktober mendatang.

Menurut Produser 'Mata Tertutup', Fajar Riza Ulhaq, film yang dibintangi oleh aktris senior Jajang C Noer tersebut dilatarbelakangi keprihatinan atas hasil penelitian sejumlah lembaga mengenai tingkat intoleransi dan angka kekerasan yang semakin meningkat. Beberapa hasil penelitian juga menyebutkan, konservatisme tumbuh subur di kalangan remaja sekolah umum.

"Fakta bahwa intoleransi dan kekerasan ada, itu mengancam wawasan kebangsaan kita. Kami berpikir bagaimana menghidupkan data-data itu. Bahwa ada masalah bersama, ada kasus Negara Islam Indonesia (NII), ada kasus bom," kata Fajar kepada VIVAnews.com.

Oleh karena itu, ujar Fajar, pihaknya memilih media film untuk mengangkat data-data tadi dalam bentuk visual. Media film dipilih karena dinilai efektif dalam memberikan penyadaran kepada publik. Salah satu tantangan menggarap flm ini, diakui Fajar adalah dari segi penelitian. Sebuah tim khusus dibentuk untuk mewawancarai 7-8 nara sumber yang tersebar di sejumlah daerah. Beberapa nara sumber itu adalah tokoh yang masih aktif di NII dan yang sudah keluar.

"Film ini memotret pengalaman tokoh yang sudah keluar dari JI dan NII, ataupun tokoh-tokoh yang masih aktif. Tingkat kesulitan bagaimana mencari data. Jadi ini betul-betul butuh kehati-hatian," ujarnya.

Berbeda dengan film lainnya yang mengedepankan aktor atau aktris yang tengah populer, film 'Mata Tertutup' justru mengget pemain teater di Yogyakarta. Alasannya, film ini membutuhkan kemampuan akting yang khusus.

"Kenapa nggak pilih artis terkenal? Karena bukan sinetron dan FTV, film ini membutuhkan empati dan melibatkan emosi serta perguncangan batin," kata Fajar.

Pengambilan gambar film 'Mata Tertutup' sendiri sudah mencapai 60 persen dan dijadwalkan selesai pada September mendatang. (ren)

Respons Nagita Slavina Saat Tyas Mirasih Ingin Jual Tas demi Biaya Pengobatan
Gambar Nyamuk DBD

Health Minister Ensures Hospitals Ready to Handle Dengue Patients

The number of dengue fever cases in Indonesia has increased, with over 35,000 patients so far. Meanwhile, 390 people have died due to dengue fever.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024