Minuman Perusak Kualitas Tidur

Susah Tidur
Sumber :

VIVAnews - Banyak orang percaya bahwa minum minuman beralkohol sebelum tidur dapat membantu mendapatkan kualitas tidur yang baik. Jika Anda termasuk yang memiliki pikiran tersebut, Anda salah.

PLN Operasikan SPKLU Khusus Angkot Listrik di Kota Bogor

Penelitian terbaru menunjukkan sebaliknya. Faktanya alkohol mungkin dapat membantu Anda tertidur dengan cepat tetapi alkohol justru dapat mengganggu kualitas tidur.

Minum alkohol sebelum tidur dapat mengarahkan Anda pada tidur nyenyak selama separuh pertama malam hari, sebelum Anda menjadi tidak tenang dan gelisah di sisa malam berikutnya.

Hasil penelitian yang diterbitkan pada Journal Alcoholism: Clinical and Experimental Research ini, menunjukkan bahwa minuman beralkohol menyebabkan orang untuk bangun lebih awal dari biasanya. Penelitian ini dilakukan tim dari Universitas Akita, Jepang.

Mereka memberikan tiga dosis berbeda dari alkohol murni dengan interval tiga minggu kepada responden. Lalu, kualitas tidur mereka diuji. Hasil penelitian juga menemukan bahwa minum terlalu banyak sebelum tidur tidak hanya mengganggu tidur tapi juga memberikan dampak negatif pada sistem pencernaan tubuh dan dapat menyebabkan penyakit lainnya.

"Alkohol memengaruhi kerangka tidur sepenuhnya," ujar Dr Yohei Sagawa, dari Universitas Akita, dikutip Female First.

Tidak hanya itu, ia menambahkan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minum justru menyebabkan insomnia dan bukan membuat tidur lebih berkualitas.

100 Ribu Pendukung Prabowo-Gibran Bakal Demo di Gedung MK, Begini Pesan Cawapres Terpilih
VIVA Militer: Panglima TNI pimpin Sertijab Pangkogabwilhan II

Panglima TNI Lantik Marsda TNI Khairil Lubis Jadi Pangkogabwilhan II

Marsda TNI M. Khairil Lubis dilantik menggantikan Marsekal TNI Tonny Harjono yang saat ini menjabat KSAU

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024