Morgan Stanley Potong Pertumbuhan Bursa RI

Pialang sedih setelah BEI menghentikan perdagangan
Sumber :
  • AP Photo/Achmad Ibrahim

VIVAnews - Lembaga keuangan internasional, Morgan Stanley, memperkirakan kinerja bursa saham Indonesia dan Thailand pada tahun ini meningkat di bawah perkiraan sebelumnya.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman

Morgan Stanley sebelumnya memperkirakan, berdasarkan indeks MSCI, tiga bursa yakni Indonesia, Thailand, dan Singapura bakal menangguk untung 13 persen, 3 persen, dan 22 persen.

Namun, dalam laporan terbarunya, Morgan Stanley memperkirakan kinerja bursa saham di Indonesia dan Thailand hanya akan naik 1 dan 2 persen dari kondisi saat ini. Sementara itu, bursa Singapura bakal turun 5 persen.

Padahal, merujuk tahun lalu, bursa efek di Asia Tenggara memiliki kinerja terbaik di wilayah Asia. Prestasi itu dilihat dari kinerja bursa Indonesia dan Thailand yang meningkat 40 persen.

Putra Tamara Bleszynski Ditabrak Orang Tak Bertanggung Jawab di Depan Rumah

Seperti dikutip VIVAnews.com dari laman cnbc.com, Jumat, 19 Agustus 2011, alasan penurunan target kinerja bursa karena lembaga keuangan AS tersebut menurunkan perkiraan pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) untuk tiga negara tersebut.

Namun, Morgan Stanley memprediksi kinerja bursa saham di wilayah Asia Tenggara tidak akan mengalami penurunan, karena ketergantungan ekonomi pada Eropa dan Amerika Serikat cenderung kecil.

Berdasarkan laporan tersebut, total ekspor AS dan Eropa ke Indonesia, Thailand, dan Singapura hanya sebesar 20,1 persen, 22 persen, dan 16,6 persen pada kuartal I-2011. Angka tersebut lebih rendah dibandingkan posisi 2000 masing-masing sebesar 28 persen, 37 persen, dan 31,9 persen.

Di antara beberapa negara di Asia Tenggara, Morgan Stanley memperkirakan Singapura akan menjadi negara yang paling terpengaruh dengan perlambatan ekonomi di negara barat.

"Konsumsi domestik Singapura sangat terkait dengan konsumsi luar negeri, karenanya permintaan domestik mereka sangat fluktuatif," ujar analis dari Morgan Stanley.

Di pihak lain, konsumsi domestik dari Indonesia dinilai sebagai yang paling tahan terhadap gejolak ekonomi. (art)

Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024