3Mbps, Bandwidth Minimal Pengguna First Media

Kecepatan Akses Internet.
Sumber :
  • speedtest.net

VIVAnews - Hingga akhir tahun 2011 mendatang, First Media, salah satu penyedia layanan internet broadband berbasis kabel serat optik serta siaran televisi berbayar berjanji akan meningkatkan standar layanan mereka.

Jaksa KPK Panggil Febri Diansyah dkk ke Sidang SYL, Ini Alasannya

Nantinya, pelanggan di rumah akan mendapatkan koneksi hingga 3Mbps tanpa dikenakan biaya tambahan dalam berlangganan. “Ini merupakan komitmen kami untuk menyediakan akses digital living di rumah-rumah. Dan 3 Mbps memang sudah menjadi standard dunia," kata Dicky Moechtar, Wakil Dirut First Media, di Jakarta.

Dari sisi biaya berlangganan, bandwidth yang ditawarkan First Media sudah mendekati kapasitas internet yang disediakan oleh negara tetangga. "Tarif kami untuk layanan 3Mbps sebesar Rp335 ribu. Ini sama dengan Singapura yang menawarkan biaya Sin$35 untuk akses 3Mbps," kata Dicky.

Untuk meningkatkan standar layanan itu, First Media telah menginvestasikan biaya US$2,5 juta atau sekitar Rp21 miliar. Semuanya untuk meningkatkan kapasitas bandwidth pelanggan di 500 ribu homepass yang tersedia nantinya.

"Investasi US$2,5 juta itu kami belanjakan untuk membeli perangkat CMTS (cable modem termination systems) demi menaikkan kapasitas throughput dan speed upgrade melalui lima titik Jabodetabek," kata Dicky.

Upgrade jaringan First Media juga akan dilakukan secara bertahap. “Dimulai per 24 Agustus ini, upgrade diharapkan bisa selesai di akhir tahun,” kata Dicky. “Selain itu, akan dilakukan pula penambahan jumlah homepass dari 400 menjadi 500 ribu di akhir tahun,” ucapnya.

Tahun 2015 mendatang, kata Dicky, pihaknya menargetkan akan mampu menyediakan hingga 1 juta homepass. “Hingga saat ini, dari 400 ribu homepass yang sudah disediakan, 360 ribu di antaranya sudah digunakan oleh pelanggan kami,” kata Dicky.

Dari total pelanggan tersebut, sebanyak 3 ribu pelanggan sudah menggunakan fitur HD untuk siaran TV-nya. Targetnya, di akhir tahun, angkanya bertambah 10 ribu menjadi 13 ribu pelanggan siaran televisi HD.

Pada kesempatan tersebut, First Media juga memperbarui kerjasamanya dengan Fox International Channel untuk melengkapi konten siaran televisinya. Sebanyak 15 channel yang mendukung HDTV disediakan Fox untuk pelanggan HD First Media.

Sebagai informasi, di Asia, termasuk Indonesia, Fox mengoperasikan 27 saluran dengan berbagai genre hiburan dan berita seperti Starworld, Fox, National Geographic, Star Movies, V-Channel, dan lainnya.

Pemain Teater Musikal Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai

Keren Banget, Sherina Main Teater Musikal Bareng Anak-Anak Sekolah

Sebagai pemeran utama dalam pertunjukan teater musikal ini, Sherina Munaf mengaku sangat bangga melihat anak-anak sekolah yang sangat pandai bermain musik orchestra.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024