Spare Part Langka, Ini Jawaban Bajaj

Bajaj Pulsar 135 LS
Sumber :
  • Bajaj-Indonesia/Sandy Mahaputra

VIVAnews - Terbatasnya ketersediaan beberapa jenis spare part membuat pemilik sepeda motor Bajaj di Indonesia sering kali mengalami kesulitan untuk mencari komponen suku cadang motor tersebut. Alhasil, pabrikan motor asal India ini sering kali mendapat komplain dari para konsumennya, khususnya di daerah Yogyakarta, Pekan Baru, bahkan Jakarta.

Vice President PT Bajaj Auto Indonesia, Dinesh Kulkani, mengakui kalau ketersediaan spare part adalah kelemahan mereka saat ini dan akan terus mereka perbaiki. Lalu apa penyebab terjadinya kelangkaan itu? "Adanya kendala teknis (salah ketik) dalam pemesanan komponen dari India," jawabnya di Jakarta, Sabtu 20 Agustus 2011.

Ia menjelaskan, pada Mei dan Juni 2011 perusahaan secara rutin memesan komponen dari India. Namun, pada saat pemesanan, jumlah komponen yang dikirim ke Indonesia jauh di bawah permintaan yang ada, akibat salah ketik. Jadi, kata dia, ketika pihaknya memesan 1.000 komponen, di India untuk jumlah ribuan dipisah pakai tanda koma (1,000). Kondisi ini berjalan selama dua bulan.

Menurutnya ada tiga suku cadang utama yang bermasalah jumlah pasokannya, yakni rantai set, kanvas kopling, dan kanvas rem. Tapi, pihaknya memastikan mulai bulan lalu (Juli) pengiriman sudah kembali normal. "Kami menjamin ketersediaan suku cadang di seluruh dealer resmi," tegasnya.

Marketing Manager PT Bajaj Auto Indonesia, Rizal Tandju, menambahkan ketersediaan komponen Bajaj di dealer-dealerĀ  sudah mencapai angka 90 persen. "Memang masih ada kendala tapi kita terus perbaiki karena idealnya memang 100 persen. Sekarang urusan spare part ini jadi fokus utama kita," jelasnya.

Saat ini Bajaj memiliki 93 dealrr resmi berfasilitas 3S (sales, service, spare part) dan 122 bengkel mitra di berbagai wilayah di Indonesia. Angka tersebut akan segera bertambah karena hingga akhir September 2011 nanti, jumlah dealer resmi berfasilitas 3S (sales, service, spare part) Bajaj ditargetkan akan menjadi 106 diler dan 140 bengkel mitra.

Kendalikan Inflasi, Kemendagri Harap Pemda Susun Perencanaan Gerakan Menanam dengan Baik
Ajang Clan of Classy Yamaha di Yogyakarta

Yamaha Maxi dan Classy Jadi Tulang Punggung Penjualan di Yogyakarta

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memiliki banyak model untuk penjualannya. Namun untuk segmen skutik, masih mengandalkan skutik model maxi dan juga classy..

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024