Nazaruddin: Neneng Diburu, Nunun Bagaimana?

Neneng Sri Wahyuni
Neneng Sri Wahyuni
Sumber :
  • Interpol

VIVAnews -- Istri Muhammad Nazaruddin, Neneng Sri Wahyuni, telah resmi menjadi buron Kepolisian Internasional, Interpol.

Foto dan biodata ibu dua anak itu dilansir di situs www.interpol.int, Sabtu 20 Agustus 2011. Bagaimana tanggapan Nazaruddin soal istrinya yang jadi buron?

"Nunun [Nurbaeti Daradjatun] bagaimana?," demikian tanggapan Nazar seperti disampaikan pengacaranya, OC Kaligis di Rutan Mako Brimob, Sabtu 20 Agustus 2011. "Nunung bagaimana, itu sengaja disembunyikan."

Nazaruddin bersikukuh, Neneng tak bersalah. "Istri saya nggak salah, ibu rumah tangga," kata OC, menirukan Nazar.

Dia menambahkan, Nazar menduga KPK tidak mencari Nunung. "Sampai orang lupakan kasusnya."

Nazaruddin kini memilih bungkam. Ia bahkan siap pasang badan dan bersedia dihukum seberat-beratnya. Asal, anak dan istrinya tak disentuh.

Apa yang dikatakan Nazaruddin bertolak belakang dengan keterangan mantan bawahan Nazar yang juga terdakwa kasus suap Wisma Atlet Sea Games di Jaka Baring, Palembang,  Mindo Rosalina Manulang.

Rosa mengatakan, Neneng tak sekedar ibu rumah tangga. "Ya kalau beliau [Neneng] kan memang kerja juga," kata Rosa, panggilan Rosalina, usai menjalani persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jumat 19 Agustus 2011.

Namun, Rosa enggan menyebut jabatan dan tempat Neneng bekerja selama ini. Rosa mengatakan posisi dan peran Neneng sudah dijelaskan di muka persidangan beberapa waktu lalu.

Sementara, terkait Nunun Nurbaeti, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Djoko Suyanto, mengatakan pihaknya sedang memetakan buronan yang akan diprioritaskan untuk diburu. Pastinya, Nunun Nurbaeti menjadi salah satu target utama. “Sedang dipetakan, mana yang didahulukan,” kata Djoko di Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa 16 Agustus 2011.

Menurutnya, saat ini kepolisian dan kejaksaan akan mengambil langkah serius dalam memburu para buronan tersebut.