Kaligis: Mana Video Nazar Muntah di Pesawat?

 M Nazaruddin tiba di Halim Perdanakusuma
M Nazaruddin tiba di Halim Perdanakusuma
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Untuk menjawab rumor ada tekanan terhadap Nazaruddin selama perjalanan dari Bogota, Kolombia sampai Jakarta, Komisi Pemberantasan Korupsi menayangkan cuplikan video dan foto selama perjalanan kepada publik.

Beberapa foto menunjukkan, Nazaruddin tampak duduk santai di sebuah sofa panjang ditemani tiga penyidik KPK sembari menunggu kedatangan pesawat di Bandara Kolombia. Saat menaiki pesawat wajah eks Bendahara Partai Demokrat juga tampak sumringah.

Juga foto ketika Nazaruddin yang tengah berdoa ditemani para penyidik yang lain sebelum naik ke dalam pesawat. Ada lagi, foto dia sedang tidur di pesawat carteran yang membawanya ke tanah air.

Namun, pengacara Nazaruddin, OC Kaligis siang ini mengatakan, kliennya memprotes KPK karena tidak menayangkan video atau foto saat dia sedang muntah di dalam pesawat.

"Dia tidak tayang waktu saya muntah-muntah dari pesawat, saya lemas," kata OC Kaligis, menirukan pernyataan Nazaruddin di Rutan Mako Brimob, Sabtu, 20 Agustus 2011.

Lalu kenapa wajah Nazaruddin tersenyum? "Waktu saya sadar, mereka (penjemput) senyum, saya tersenyum," kata OC, menirukan jawaban Nazar.

OC menambahkan, Nazar berniat membeberkan mengapa dia muntah-muntah. Namun, "percuma saya bilang sekarang. Saya mau di depan LSM, wakil rakyat. Selama saya di sini (ditahan di Rutan Mako Brimob), jawaban saya cuma satu, hukum saya seberat-beratnya," demikian jawaban Nazar seperti ditirukan OC.

Menurut Kaligis, sebenarnya Nazar minta agar dia diikutkan dalam pesawat. Tapi, kata Nazar, seperti yang ditirukan Kaligis,  para penjemput takut terhadap Kaligis. "Pada saat itulah Nazar protes."

Menanggapi tuduhan kubu Nazar, Ketua KPK, Busyro Muqoddas mengatakan, pihaknya tak merasa perlu menanggapinya. "Yang penting KPK harus menjaga  integritas, tidak akan terpengaruh opini-opini murahan,  berbau fitnah, igauan," kata dia.  (umi)