Mendag: Harga Daging Naik Jelang Lebaran

Mari Pangestu dan Sekjen Depdag Ardiansyah Parman
Sumber :
  • Widodo S Jusuf

VIVAnews - Menteri Perdagangan (Mendag), Mari Elka Pangestu, mengungkapkan bahwa menjelang Lebaran harga bahan pokok seperti daging sapi dan ayam dipastikan naik. Namun harga cabe dan bawang kemungkinan turun.

Israel Berlakukan Keadaan Siaga di Perbatasan Lebanon, Ada Apa?

Kendati demikian, ia menyarakan, konsumen tetap perlu mengantisipasi soal lonjakan harga. "Biasanya H-3, harga daging dan ayam naik," kata Mari, di Kantor Presiden, Senin 22 Agustus 2011

Mari menuturkan, harga ayam dan daging akan turun setelah Lebaran. "Di luar itu, harga lain stabil dan cabe agak turun," kata dia. Tentunya, ia menambahkan, masyarakat tidak perlu khawatir adanya lonjakan harga.

Untuk harga yang turun, kata Mari, antara lain cabe merah, cabe rawit, bawang merah. Sedangkan untuk telur diprediksi mengalami kenaikan seperti halnya menjelang Puasa kemarin. "Tidak harus khawatir dan dari segi stok tentunya tidak ada masalah," ujarnya. 

Mari menambahkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan untuk menjaga distribusi bahan pokok. "Agar jalan terus, tidak ada gangguan karena mudik," kata Mari.

Menurut dia, angkutan sembako dan persediaan air menjadi prioritas. "Pengalaman dua tahun ini adalah air minum, terutama setelah Lebaran," ujar Mari.

Untuk persediaan air minum, Mari memastikan, tahun ini mencukupi. "Dua tahun punya pengalaman, di mana air minum tidak diprioritaskan sebagai bahan pokok jadi terganggu," tutur Mari.

Soal persiapan lonjakan harga, kata dia, pihaknya menyediakan posko 24 jam di setiap Dinas Perdagangan. "Jadi, kalau ada masalah di titik mana pun mereka bisa hubungi posko ini," ujarnya.

Resmi, PSSI Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong Hingga 2024

Selain itu Mendag juga terus memantau potensi lonjakan harga yang tidak wajar. "Kita akan pantau terus. Sementara ini belum ada lonjakan di luar normal," kata Mari. (ren)

Ade Rai di Vindes

10 Makanan Wajib Dihindari Jika Ingin Awet Muda Seperti Ade Rai, Nomor 2 Paling Sulit

Ade Rai yang merupakan seorang binaragawan terkenal, mengungkapkan beberapa jenis makanan yang harus dihindari agar tetap menjaga kebugaran dan kesegaran kulitnya.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024