Arus Mudik

Bebas Antre SPBU, Ini Tips Menteri Energi

SPBU Pertamina
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Arus mudik mulai terasa jelang sepekan memasuki Hari Raya Idul Fitri. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Darwin Zahedy Saleh, memiliki tips tersendiri bagi pemudik yang ingin menghindari antrean ketika mengisi bahan bakar di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).

Darwin berharap, tips yang diberikannya ini bisa membuat masyarakat Indonesia yang hendak pulang ke kampung ikut membantu pemerintah mengurangi terjadinya penumpukan antrean di SPBU.

Sektor Manufaktur RI Jauh dari Deindustrialisasi, Ekonom Beberkan Buktinya

"Tips pertama, sebelum berangkat untuk mengisi tangki dengan penuh," kata Darwin Saleh di Cikampek, Senin, 22 Agustus 2011.

Tips kedua, lanjut Darwin, segeralah mengisi penuh bahan bakar di SPBU jika dalam perjalanan tangki mobil sudah mulai terasa kosong. Selama ini, muncul kecenderungan perilaku pemudik bermotor yang memilih untuk mengisi bahan bakar secara bersama-sama di satu SPBU.

Padahal, hal tersebut bisa membuat para pemudik terkonsentrasi di satu tempat SPBU. "Bayangkan, kapasitas di satu SPBU bisa kewalahan dan distribusi BBM menjadi tidak merata," katanya.

Pada arus mudik kali ini, Darwin menjamin stok BBM nasional, status per 21 Agustus 2011, masih aman yaitu 20,91 hari atau dalam kondisi normal. Diperkirakan stok BBM nasional periode Idul Fitri, 15 Agustus-15 September 2011 pada dasarnya masih dalam kondisi aman.

"Rata-rata stok pada H-15 hingga H+15 dipertahankan pada Premium untuk 18,6 hari, minyak tanah (77,7 hari), dan solar (20,4 hari)," katanya.

Pemerintah juga telah memastikan penyiapan sejumlah kantong SPBU di daerah strategis dan bekerja sama dengan Polda untuk mengamankan kantong-kantong SPBU tersebut. Untuk kendaraan mobil tangki, Pertamina telah mengubah mobil pengangkut BBM industri untuk mengangkut Premium. (art)

Mak Vera Tepati Janji, Datang ke Makam Olga Syahputra Tengah Malam
Anggota DPR RI Fraksi Gerindra, Sumail Abdullah

Berpengalaman di DPR, Sumail Abdullah Dinilai Berpotensi Maju Pilkada Banyuwangi

Anggota DPR dari Fraksi Partai Gerindra, Sumail Abdullah, dinilai menjadi salah satu nama yang berpotensi maju di Pilkada Kabupaten Banyuwangi dalam Pilkada serentak 2024

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024