Siap Mendunia, Mandiri Gandeng Merrill Lynch

Gedung Bank Mandiri
Sumber :
  • VivaNews/ Nur Farida

VIVAnews - Niat PT Bank Mandiri Tbk untuk go global perlahan mulai direalisasikan. Kini bank pelat merah tersebut telah menggandeng bank swasta Amerika Serikat, Bank of America Merril Lynch, untuk memberikan pelayanan perbankan bagi nasabahnya di mancanegara.

Istri Dicopet hingga Barang Berharga Raib, Daniel Mananta Pilih Maafkan Pelaku

Sejumlah layanan perbankan yang nantinya bisa dinikmati adalah transaksi pembayaran dan penerimaan domestik maupun internasional, manajemen likuiditas serta solusi electronic banking di luar Indonesia.

"Dengan berkembangnya pasar dan bisnis di Asia dan Indonesia, nasabah kami membutuhkan pelayanan cash management dan transaksi perdagangan internasional. Sangat penting bagi bank memiliki provider cash management terbaik untuk mendukung kebutuhan nasabah terhadap transaksi pembayaran (payment) dan penerimaan (collection) ini," kata Wakil Direktur Utama Bank Mandiri, Riswinandi, dalam penandatanganan nota kesepahaman Global Network Services Bank Mandiri dan Bank of America Merrill Lynch, di Plasa Mandiri, Gatot Subroto, Jakarta, Selasa, 23 Agustus 2011.

Riswinandi mengatakan, kerja sama strategis yang dijalin bersama Merrill Lynch di area Cash Management ini sebagai upaya peningkatan layanan perbankan bagi nasabah, terutama mereka yang memiliki bisnis internasional.

Langkah ini diharapkan akan memperkuat posisi perseroan sebagai salah satu pemimpin pasar (market leader) dalam bisnis transaksi perbankan. Di samping ikut membantu Mandiri dalam melayani nasabah ketika akan melakukan ekspansi bisnis dalam skala internasional.

Catatan Bank Mandiri menunjukkan, selama periode Januari-Juni 2011, transaksi internasional yang dilakukan nasabah melalui Bank Mandiri tercatat sebesar US$52,564 juta, atau tumbuh sekitar 27 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Nilai tersebut berasal dari transaksi ke dalam negeri (incoming) dan keluar negeri (outgoing), tanpa memperhitungkan transaksi perdagangan menggunakan Letter of Credit (LC) dan bank garansi.

Tak Kunjung Ketemu dengan Nikita Mirzani, Lolly Singgung Memperbaiki Diri

Sementara itu, Head of Global Treasury Solutions Asia Pasific, Bank of America Merrill Lynch, Ivo Distelbrink, menilai Bank Mandiri adalah bank terkemuka di Indonesia dengan profil pertumbuhan berskala internasional.

"Sebagai provider strategis, peran kami adalah memberikan saran dan pelayanan cash management yang superior, cakupan geografis, infrastruktur yang andal, serta cakupan pelayanan, dan keahlian yang komprehensif," ungkap Ivo.

Sebagai informasi, Bank of America Merrill Lynch adalah salah satu institusi finansial terbesar di dunia, melayani nasabah individual, usaha kecil dan menengah serta korporasi besar dengan berbagai cakupan produk dan pelayanan perbankan, investasi, asset management, dan produk jasa keuangan serta jasa keuangan dan manajemen risiko lainnya. 

Bank of America Merrill Lynch melayani hampir 58 juta nasabah dan usaha kecil dengan 5.700 kantor retail banking, lebih dari 17.800 ATM, dan fasilitas online-banking terbaik dengan 30 juta pelanggan aktif. (art)

Defisit 3 Gol, Liverpool Ingin Bikin Keajaiban Comeback di Markas Atalanta
Putusan Mahkamah Konstitusi

Sebut MK Bisa Anulir Hasil Pilpres 2024, Guru Besar IPDN Beberkan Alasannya

Guru Besar Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Djohermansyah Djohan menyebutkan, Mahkamah Konstitusi (MK) dapat menganulir hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024