Lebaran, Stok Air Minum Galon Terbatas

Air Minum
Sumber :
  • doc Corbis

VIVAnews - Asosiasi Perusahaan Air Minum Dalam Kemasan Indonesia (Aspadin) menyatakan, ketersediaan air minum dalam kemasan (AMDK), khusunya air galon, di wilayah Jakarta dan sekitarnya sedikit terbatas. Ini menyusul adanya pembatasan operasional truk jenis tronton pada H-7 dan H+7 Hari Raya Idul Fitri.

Sekretaris Jenderal Aspadin Rembang Kayo berharap ada dispensasi dalam pelaksanaan kebijakan pemerintah tersebut, agar ketersediaan pasokan air minum galon dapat terjamin. "Apalagi air galon saat ini telah menjadi kebutuhan pokok warga Jakarta," kata dia dalam keterangan tertulis yang diterma VIVAnews.com, Selasa 23 Agustus 2011.

Kondisi ini, Rembang melanjutkan, diperparah dengan kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, yang beberapa waktu membatasi operasional truk di tol dalam kota.

Aspadin mencatat, wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) membutuhkan sekitar 40 persen pasokan AMDK yang mencapai 4,8 juta galon (16,5 juta liter) per hari.

Dalam mengantisipasi kemungkinan terjadinya keterbatasan air minum galon ini, beberapa industri yang tergabung dalam Aspadin, menambah kapasitas produksi dan memaksimalkan distribusi ke konsumen.

Aspadin juga telah mengajukan surat kepada Menteri Perdagangan Dalam Negeri dan telah mendapatkan surat dari Kementerian Perdagangan, yang ditujukan untuk Dinas Perhubungan agar AMDK mendapatkan prioritas dalam angkutan barang, atau setara dengan angkutan kebutuhan pokok.

Selain langkah antisipatif dan upaya pemenuhan kebutuhan air kemasan galon, Aspadin juga mengimbau masyarakat agar mengkonsumsi air minum kemasan lain, seperti kemasan 1500 ml, 600 ml, 380 ml, dan 240 ml.

Meski demikian, Kementerian Perhubungan menjamin distribusi pasokan air minum dalam kemasan tidak akan terganggu dengan kebijakan larangan operasional truk tronton jelang Lebaran ini. Kasubdit Pengendalian Operasi Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Dirjen Hubungan Darat, Pandu Yunianto mengatakan, pola distribusi AMDK tidak akan terganggu sebab pemerintah tetap memperbolehkan beroperasinya truk pengangkut jenis dua sumbu pada ruas jalan tol atau jalan arteri.

"Keputusan ini kami ambil untuk mengantisipasi peningkatan arus mudik dan arus balik yang akan mencapai tujuh kali lipat dari hari-hari biasa," kata Pandu di Jakarta, Senin 22 Agustus.

Kiprah Ninja Xpress Jadi 'Teman' UMKM Bantu Naik Kelas
Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri (JLM)

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM).

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024