Adaro Akuisisi Tambang Batu Bara Rp2 Triliun

Garibaldi Thohir
Sumber :
  • Antara/ Andika Wahyu

VIVAnews - PT Adaro Energy Tbk (ADRO) melalui anak usahanya, PT Alam Tri Abadi telah mengakuisisi 75 persen saham PT Mustika Indah Permai (MIP) milik Elite Rich Investment Limited. Untuk mengakuisisi Mustika tersebut, perseroan mengeluarkan dana hingga US$222,5 juta atau setara Rp2 triliun (kurs Rp9.000 per dolar AS).

"Investasi kami di MIP merupakan bagian dari upaya kami menciptakan nilai tambah yang berkelanjutan dari batu bara Indonesia," ujar Presiden Direktur Adaro Energy, Garibaldi Thohir, dalam keterangan pers yang diterima VIVAnews.com, di Jakarta, Selasa, 23 Agustus 2011.

MIP merupakan perusahaan pertambangan batu bara yang tengah mengembangkan proyek batu bara greenfield di Sumatera Selatan. MIP merupakan pemegang izin usaha pertambangan (IUP) selama 20 tahun yang berlaku sejak April 2010. Proyek pertambangan batu bara MIP memiliki luas area 2.000 hektare.

Adaro mengatakan, pembelian saham MIP merupakan salah satu dari beberapa peluang akuisisi, sejalan dengan pertumbuhan secara organik. Upaya ini akan memungkinkan Adaro Energy untuk mencapai kapasitas produksi 80 juta ton dalam jangka menengah.

Sebelum memutuskan pembelian saham tersebut, Adaro Energy mengaku telah mengevaluasi informasi geologi yang tersedia untuk MIP. Hasilnya menunjukkan, MIP memiliki potensi pertambangan batu bara terbuka yang signifikan.

Selain itu, geologi batu bara yang dimiliki oleh MIP juga dianggap cukup seragam. Struktur, ketebalan, serta kualitas lapisan batu baranya dianggap cukup baik yang ditunjukkan oleh densitas lubang bor. (art)

Anies dan Cak Imin Hadir ke KPU Jelang Penetapan Prabowo-Gibran
Yandri Susanto

PAN Anggap Anies dan Ganjar Hadir atau Tidak dalam Penetapan Prabowo Tak Ada Pengaruhnya

PAN menyebut kehadiran kubu Anies-Muhaimin dan kubu Ganjar-Mahfud tidak memberikan pengaruh pada penetapan Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wakil presiden.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024