Cara Mencegah Anak Jadi Rewel Saat Mudik

Ilustrasi anak manja.
Sumber :
  • doc Corbis

VIVAnews - Mudik telah menjadi bagian tradisi sebagian besar masyarakat saat Lebaran. Melakukan perjalanan jauh bersama keluarga ke kampung halaman tentu sebuah kenikmatan tersendiri. Hanya, mereka yang memiliki anak kecil kerap kewalahan dengan tingkah polah khas seperti tangisan dan rengekan di tengah keramaian.

Menurut Becky Wiggins, penulis parenting blog English Mum, banyak orangtua tertekan dengan tingkah polah anaknya di tengah keramaian. Mereka kerap khawatir terhadap tanggapan orang lain terhadap anak mereka sekaligus pola pengasuhannya.

"Stres terjadi karena kekhawatiran berlebihan orang tua, jadi saran terbaik untuk mereka adalah mengambil tindakan pencegahan ekstra sebelum memulai perjalanan," ujarnya dikutip Female First.

Tak jarang perilaku anak mengganggu kenyamanan orang lain di tengah perjalanan. Karena merasa terganggu, banyak orang yang lalu memandang sinis orangtua si anak. Inilah yang kemudian membuat orangtua menjadi tidak enak hati yang berujung stres. Padahal, anak cenderung semakin rewel saat merasakan orangtuanya stres.

Untuk menghindari hal-hal serupa terjadi pada perjalanan mudik tahun ini, berikut tips untuk Anda.

1. Santailah. Anggap perjalanan Anda sebagai petualangan. Jika Anda tidak stres, anak-anak pun akan merasa nyaman dan santai di dekat Anda.

2. Masukkan barang-barang yang menarik perhatiannya di dalam ranselnya. Anda bisa memasukkan mainan-mainan favoritnya, buku mewarnai, atau buku bacaan kesukaannya.

3. Simpan barang kejutan untuk dikeluarkan ketika keadaan darurat yang membuat tingkat stres Anda meningkat.

4. Jika Anda mudik dengan menggunakan pesawat terbang, ada baiknya tunggu beberapa menit untuk masuk ke dalam pesawat. Biarkan Anda dan keluarga lepas dari kerumunan orang sehingga mood perjalanan Anda pun kembali membaik.

5. Masukkan barang-barang penting perawatan bayi atau anak Anda ke dalam semua tas. Jangan masukkan hanya ke dalam satu tas. Hal ini untuk mengantisipasi hilangnya tas selama perjalanan. Jika dalam suatu kasus, tas berisi perlengkapan anak-anak Anda hilang, Anda masih memiliki cadangannya di tas yang lain.

6. Periksa semua perlengkapan penting seperti tiket, asuransi perjalanan, KTP, sebelum bepergian.

7. Jika Anda berpergian dengan anak yang masih sangat kecil seperti bayi dan balita, siapkan tas darurat. Isi tas tersebut dengan tisu basah, tisu, baju ganti, minyak kayu putih, dan yang terpenting kantong plastik.

8. Pergi lebih cepat dari waktu perjalanan. Itu perlu untuk menghindari perjalanan yang terburu-buru ke stasiun, terminal, atau bandara, serta menghindari antrian panjang.

Anggota DPR Salut Kejagung Berani Usut Dugaan Korupsi di Sektor Tambang
Pemain Timnas Indonesia, Justin Hubner

Drama Penalti Diulang Justin Hubner hingga Penalti Gagal Bikin Deg-degan Suporter Timnas

Duel Timnas Indonesia U-23 melawan Timnas Korea Selatan U-23 di perempat final Piala Asia U 23 benar-benar membuat jantungan suporter Timnas

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024