Ical: Tunda Kenaikan TDL 3 Tahun Lagi

Pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Muara Karang, Jakarta
Sumber :
  • Antara/ Prasetyo Utomo

VIVAnews - Ketua Umum Partai Golkar, Aburizal Bakrie, mengharapkan pemerintah menunda kenaikan tarif dasar listrik (TDL) paling tidak selama tiga tahun. Pemerintah sendiri berencana menaikkan TDL pada April 2012.

"Jangan dulu lah, jangan naik dulu, benahi dulu, beri waktu tiga tahun," kata Aburizal Bakrie, yang sering disapa Ical usai menjenguk Menteri BUMN, Mustafa Abubakar, di Rumah Sakit Medistra, Jakarta, Rabu, 24 Agustus 2011.

Menurut Ical, waktu tiga tahun yang diusulkannya dimaksudkan untuk memberi kesempatan bagi PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) guna tetap memperoleh bantuan subsidi tambahan.

Selanjutnya, usai subsidi listrik dicabut, PLN diharapkan sudah bisa mengganti sejumlah Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) yang dimilikinya.

Sebelumnya, Kementerian Keuangan menegaskan pemerintah perlu menaikkan tarif listrik tahun depan, karena sejak 2004 belum pernah mengalami kenaikan. Tahun lalu, rencana kenaikan TDL ditolak Dewan Perwakilan Rakyat.

Jika tak ada aral melintang, kenaikan TDL dijadwalkan mulai dilaksanakan pada April 2012. Kebijakan kenaikan TDL ini tidak berlaku untuk masyarakat rumah tangga miskin.

Pemerintah berencana untuk menurunkan alokasi subsidi listrik pada 2012 menjadi Rp45 triliun dari sebelumnya sebesar Rp65 triliun. (art)

Anies Buka Peluang Maju Pilgub Jakarta: Saya Baru Satu Periode
Pemain Timnas Indonesia U-23

Bikin 2 Gol ke Gawang Korsel, Begini Kata Rafael Struick

Penyerang Timnas Indonesia U-23 Rafael Struick menilai kemenangan atas Timnas Korea Selatan U-23 adalah buah kinerja tim.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024