KPK: Aksi Bungkam Justru Rugikan Nazar

Foto Nazaruddin yang dirilis Kepolisian Kolumbia
Sumber :
  • AP

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tak ambil pusing atas sikap tersangka kasus suap wisma atlet Muhammad Nazaruddin yang memilih untuk bungkam dalam pemeriksaan penyidik KPK.

"KPK tidak terpengaruh dengan aksi diam Nazaruddin. Prosesnya akan terus dikembangkan," kata Juru Bicara KPK Johan Budi di Kantor KPK Jakarta, Kamis 25 Agustus 2011.

Menurut Johan, sikap bungkam yang dipilih Nazaruddin justru akan merugikan diri sendiri. "Selama dia tak mau menjawab berkaitan dengan kasus Sesmenpora ya tidak kooperatif. Semakin tidak kooperatif ya merugikan diri sendiri," tegasnya

Sementara itu terkait permintaan pemindahan tahanan Nazaruddin, terang Johan, belum memutuskan apakah permintaan eks bendahara umum Partai Demokrat itu dikabulkan atau tidak. "Jawaban KPK melalui pimpinan, pemindahan Nazaruddin belum diputuskan. Kami masih lakukan kajian terhadap alasan keamanan dan keselamatan Pak Nazar," terangnya.

Nazaruddin, yang diperiksa sebagai tersangka kasus pembanguan wisma atlet, memilih untuk bungkam sebelum permintaan pemindahan tahanan dari Mako Brimob ke LP Cipinang dikabulkan.

Nazaruddin bahkan secara terang-terangan meminta penyidik menulis sikap tidak kooperatifnya dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP). "Jadi lagi-lagi dia bungkam, dia tidak mau menceritakan," kata pengacara Nazaruddin, Boy Afrian Bondjol di gedung KPK usai mendampingi kliennya, Kamis sore.

Menurut Boy, pada poin 10 dalam BAP Nazaruddin ditanya oleh penyidik apakah ada keterangan lain yang akan disampaikan bekas bendahara umum Partai Demokrat itu. Lantas, Nazaruddin menjawab, "Saya minta pernyataan ini ditulis penyidik, saya selama ini tidak koperatif karena menurut saya pimpinan KPK sengaja tidak mau memindahkan rutan saya dari Mako Brimob, Kelapa Dua ke Rutan Cipinang," kata Boy menirukan Nazaruddin. (eh)

Terpopuler: Pengakuan Shin Tae-yong ke Ernando, Kata Pelatih Australia Usai Dihajar Timnas Indonesia
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

Detik-detik Pelaku Dugaan Pelecehan Seksual Anak di Bawah Umur Diamuk Massa

Saat hendak diamankan, massa yang geram sempat menghakimi pelaku berulang kali hingga babak belur. Bahkan polisi sempat dibuat kewalahan dengan banyaknay massa.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024