Tulang Rapuh Akibat 'Takut' Sinar Matahari

Denise Smith
Sumber :
  • daily mail

VIVAnews - Denise Smith, 39, mengalami tiga patah tulang dalam dua tahun terakhir. Semua terjadi bukan karena kecelakaan fatal, tapi kondisi yang mungkin terkesan sepele seperti memukul karung tinju, jatuh di trotoar, dan melompat saat voli.

“Saya agak terkejut tulang saya patah saat voli, padahal saya tidak melakukan lompatan yang tinggi. Saya orang yang aktif, pernah jatuh dari kuda serta kecelakaan mobil. Namun, saya tak pernah mengalami patah tulang sebelumnya,” kata warga Molash, Kent, Inggris, seperti dikutip dari Daily Mail.

Apa yang menimpa Denise dalam dua tahun belakangan buka semata-mata nasib sial. Hasil pemeriksaan medis menunjukkan kondisi tulangnya sangat rapuh, menyerupai tulang lansia. Di usia yang relatif masih muda, ia didiagnosis menderita pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Mendengar diagnosis itu, Denise sempat syok. Diagnosis itu memunculkan tanda tanya mengingat gaya hidup Denise yang tidak merokok, diet sehat, dan tidak mengalami anoreksia. Secara genetik, ia juga tidak melihat catatan gangguan tulang rapuh di silsilah keluarganya.

Setelah melalui konsultasi panjang dengan dokternya, Denise mulai mendapat jawaban. Pengeroposan tulang itu terjadi lantaran kebiasaannya menghindari sinar matahari sejak kecil sehingga tubuhnya kekurangan vitamin D. “Semasa kecil, mama akan mengolesi tubuh saya dengan krim tabir surya karena takut kulit saya terbakar,” katanya.

Saat kecil, Denise sangat jarang beraktivitas di luar rumah. Ia hanya dibolehkan bermain di dalam tenda buatan ibunya yang ada di taman. Itu pun harus selalu mengenakan topi. Menginjak remaja, ia juga hampir tak pernah berjemur, dan selalu mengoleskan krim tabir surya dosis tinggi setiap beraktivitas di luar ruang.

“Saya kira awalnya saya melakukan sesuatu yang benar sesuai dengan standar kesehatan yang disarankan. Namun saya mulai khawatir itu salah,” katanya. (Rudy Bun)

Todung Mulya Lubis Ungkap Alasan Sri Mulyani Hingga Risma Dihadiri di Sidang MK
Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto. Muhammad AR/VIVA

Ketua DPRD Kota Bogor Dorong Pemerintah Beri THR Lebaran bagi Warga Terdampak Bencana

Ketua DPRD Kota Bogor mendorong agar pemerintah setempat memberi bantuan semacam "THR Lebaran" bagi 1.134 warga terdampak bencana tiga bulan terakhir ini.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024