H-3 Bandara Juanda Penuh Sesak Pemudik

Ilustrasi bandara.
Sumber :
  • Antara/ Eric Ireng

VIVAnews - Tiga hari menjelang lebaran, beberapa titik pemberangkatan penumpang pelan namun pasti kian padat. Di Surabaya, misalnya, Bandar Udara Juanda sejak Sabtu malam, 27 Agustus, terlihat telah mulai sesak.

Berdasarkan data sementara, jumlah calon pemudik mencapai 20.297 orang. Pada waktu yang sama pada 2010, jumlah penumpang yang terdaftar di Bandara Juanda hanya 15.843 orang. Statistik ini merupakan peningkatan sebesar 28 persen.

Frekuensi penerbangan internasional pun terlihat meningkat. Pada tahun 2010, penumpang di gerbang kedatangan menyentuh 1.848, sementara tahun ini menjadi 2.774 penumpang, naik 50 persen dibandingkan tahun lalu.

Di lain pihak, kedatangan di jalur internasional pada tahun 2011 mencatat 2.845 penumpang, naik 84 persen dari tahun lalu di angka 1.550.

Mengenai adanya peningkatan jumlah penumpang ini, Staf juru bicara PT Angkasa Pura I Cabang Bandara Juanda, Surabaya, Firstson Mansur, menyatakan, "Prediksi kami, jumlah penumpang pada H-7 sampai H+7 akan terus meningkat. Saat ini, persentase telah mencapai 18 persen."

Pihaknya mengingatkan agar calon penumpang lebih berhati-hati dengan barang bawaan. Di samping itu, ia menyarankan agar para calon penumpang tidak membeli tiket lewat perantara, atau calo. (Laporan: Tudji Martudji, Surabaya | kd)

GP Ansor Ungkap Makna Gowes 90 KM, Simbol Perjuangan Menuju Indonesia Emas 2045
Mariam Nabatanzi

Viral Sosok Wanita Tersubur di Dunia, Lahirkan 44 Orang Anak Tanpa Suami yang Menafkahi

Kisah wanita asal Uganda, Afrika yang dinobatkan sebagai wanita tersubur di dunia ini menuai sorotan, di usianya saat ini menginjak 40 tahun lebih ia sudah miliki 44 anak

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024