Listrik di Sulawesi Selatan Mati Total

Ilustrasi gardu listrik.
Sumber :
  • PLN Jawa-Bali

VIVAnews – Hari ini, hanya dua hari menjelang perayaan Idul Fitri 1432 Hijriah, jaringan listrik di seluruh wilayah Sulawesi Selatan mati total dari pukul 10.21 hingga 11.47 WITA.

Listrik di Sulsel tiba-tiba padam sekitar pukul 10.21 Wita. “Jaringan listrik Sulsel mengalami blackout atau mati total. Penyebabnya, satu unit mesin mengalami cascade trip, atau lepas dari sistem,” kata Humas PLN Yamin Loleh kepada VIVAnews, Minggu, 28 Agustus 2011.

Mesin mengalami cascade trip sampai 60 Megawatt di jaringan Pembangkit Listrik Tenaga Uap Sengkang. PLTU Sengkang adalah pembangkit listrik terbesar di Sulsel, dengan daya 135 Megawatt. “Jadi hampir 50 persen mati setelah mesin GT.21 dengan kapasitas 60 MW, lepas,” ujar Yamin.

Namun Yamin tidak menjelaskan penyebab terjadinya black out di PLTU tersebut. “Masih ditelusuri,” kata dia. Hingga saat ini, Yamin tidak tahu kapan akan listrik normal seperti semula. Pasalnya, proses perbaikan untuk kondisi itu memakan waktu cukup lama.

“Pada pukul 11.47 WITA, beberapa tempat sudah nyala. Tapi seluruh Sulsel tidak mungkin bisa bersamaan. Nyalanya bertahap, dan butuh sekitar 2 hingga 4 jam,” kata dia.

Padamnya listrik di Sulsel, membuat aktivitas warga jadi terganggu. Jalan-jalan raya dipenuhi kemacetan, karena lampu lalu-lintas sama sekali tidak menyala. (Laporan: Rahmat Zeena, Makassar)

Hotman Paris Tantang Rocky Gerung Debat Hukum, Bukan Filsafat Kho Ping Hoo
Real Madrid vs Manchester City

5 Fakta Menarik Jelang Duel Manchester City vs Real Madrid di Liga Champions

Manchester City akan menjamu Real Madrid dalam babak Perempat Final Liga Champions leg kedua di Stadion Etihad pada Kamis dini hari nanti, 18 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024