30-8-2010: Meksiko Pecat 3.200 Polisi

Polisi Meksiko berjaga-jaga di suatu lokasi kejahatan di Kota Ciudad Juarez
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Tepat setahun yang lalu, Pemerintah Meksiko tidak segan-segan memecat 3.200 polisi atau sepersepuluh dari total personil kepolisan di negeri itu. Pemecatan itu bertujuan untuk memerangi korupsi.

PHK massal itu diumumkan sendiri oleh Kepala Kepolisian Meksiko, Facundo Rojas, Senin 30 Agustus 2010 waktu setempat. "Mereka gagal dalam tes kepercayaan," kata Rojas seperti dikutip stasiun televisi Al Jazeera.

Dia merinci, lebih dari 450 petugas telah dituduh terlibat kriminalitas. Selain itu, dalam beberapa pekan berikut, sebanyak 1.485 polisi juga digusur.

Menurut Rojas, pemecatan massal itu bertujuan untuk meraih kembali kepercayaan publik kepada polisi. Dalam empat tahun terakhir, Kepolisian Meksiko diberi tanggungjawab untu memerangi peredaran narkoba. Namun, publik lebih sering melihat polisi sebagai figur yang tidak kompeten dan korup.

Itulah sebabnya geng-geng obat bius di Meksiko masih terus beraksi dan berani melawan polisi.

Anies soal Tawaran Bikin Partai Perubahan: Itu Kreativitas Orang di Medsos
Tunggal putra Indonesia, Anthony Ginting

Jadwal Final Indonesia Vs China di Piala Thomas dan Uber 2024

Tim Indonesia berhasil melaju ke babak yang akan digelar mulai Minggu pagi, 5 Mei 2024 di Chengdu High-tech Zone Sports Center Gymnasium, Chengdu, China.

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024