5-9-1972: Pembantaian Atlet Israel di Jerman

Teroris menyandera para atlet Israel di Munich, September 1972
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Pada 39 tahun yang lalu para teroris dari kelompok September Hitam menyerbu perkampungan atlet Olimpiade di Munich, Jerman Barat. Sasaran mereka saat itu adalah para atlet Israel, yang tengah berpartisipasi dalam pesta olahraga Olimpiade.  

Menurut stasiun televisi The History Channel, penyerbuan itu langsung menewaskan dua orang atlet Israel dan sembilan lainnya jadi sandera. Selama penyanderaan, September Hitam menuntut Israel membebaskan lebih dari 230 tahanan Arab dan dua teroris asal Jerman. 

Di akhir drama penyanderaan, jumlah korban bertambah. Sembilan sandera Israel dibunuh, begitu pula lima teroris dan seorang polisi Jerman Barat tewas saat berlangsung operasi penyelamatan di Bandara Munich, 6 September 1972. Tiga teroris berhasil ditangkap. Sebelumnya, pihak keamanan dan para teroris bersepakat selama bernegosiasi 

Kegiatan Olimpiade saat itu ditunda selama 24 jam agar bisa digelar upacara berkabung. Pemerintah Israel kemudian melancarkan operasi rahasia untuk memburu mereka yang bertanggungjawab atas insiden itu. Para agen rahasia Israel, Mossad, diberi wewenang untuk mengejar para tersangka dimanapun dan langsung membunuh mereka di tempat.

Pada 2005 sutradara Hollywood, Steven Spielberg, membuat film berjudul "Munich" yang menceritakan aksi kelompok September Hitam itu.  

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot
Jemaah haji Indonesia mendengarkan khutbah Subuh jelang wukuf.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Menurut Direktur Bina Haji PHU Arsad Hidayat, jemaah haji diminta tidak asal membagikan informasi yang beredar di media sosial yang belum jelas kebenarannya.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024