PDIP: Jangan Sudutkan Badan Anggaran DPR

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo.
Sumber :
  • Antara/ Rosa Panggabean

VIVAnews - Sejumlah kasus korupsi ditengarai melibatkan mafia anggaran di Dewan Perwakilan Rakyat. Kasus Wisma Atlet dan kasus suap di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang sedang ditangani KPK disebut-sebut melibatkan para politisi Senayan. Tak ayal, Badan Anggaran DPR yang membidangi pembahasan anggaran menjadi sorotan.

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Tjahjo Kumolo menilai, tidak perlu terlalu curiga pada Badan Anggaran DPR. Sebab, perencanaan anggaran untuk proyek program kementerian merupakan usul pemerintah.

"DPR hanya bahas bersama pemerintah," kata Ketua Fraksi PDIP itu, Senin 5 September 2011.

Menurut dia, kalau usul pemerintah itu dinilai memiliki skala prioritas, DPR pasti mendukung penuh. Menurutnya, tidak mungkin DPR yang mengajukan perencanaan program dalam skala besar anggarannya. "DPR hanya bisa usulkan program aspirasi daerah yang tentunya sudah terprogram oleh perencanaan daerah yang juga sudah dibahas dalam Rapat Koordinasi Pembangunan antara Bappenas dan pemda propinsi kabupaten/ kota," ujarnya.

Tjahjo menyayangkan sasaran kritik dan kecurigaan terlalu besar pada Banggar DPR. "Silakan KPK, LSM, Pers, dan masyarakat kalau mau ikuti setiap rapat Badan Anggaran DPR dan Pemerintah. Apapun yang dibahas ya terbuka," katanya.

Tjahjo menekankan, usulan program datang dari Pemerintah. Dia menyayangkan berkembang opininya DPR susun sendiri anggaran kementerian. "DPR hanya mendukung dan menilai mana yang prioritas mana yang tidak, sesuai hak konstitusi DPR yaitu hak budget dan hak pengawasan," katanya. (umi)

PAN Siapkan Bima Arya dan Desy Ratnasari untuk Pilgub Jabar
Keluarga Umi Pipik dan Irish Bella

Abidzar Al Ghifari dan Irish Bella Mendadak Dijodohkan, Ini Respons Umi Pipik

Meskipun terpaut usia 5 tahun, banyak yang menyatakan bahwa Abidzar Al Ghifari dan Irish Bella cocok bersama.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024