Investasi Blok Migas East Natuna Rp320 T

kilang minyak
Sumber :
  • www.dpi.vic.gov.au

VIVAnews - PT Pertamina memperkirakan total investasi pengembangan wilayah blok migas East Natuna, Kepulauan Riau berkisar Rp160-320 triliun atau US$20-40 miliar (kurs Rp8.000 per dolar AS).

ā€¯Angkanya saya kira di atas US$20 miliar, mungkin tidak sampai lebih US$40 miliar," kata Direktur Hulu Pertamina, Muhamad Husen, di kantornya, Jakarta, Senin 5 September 2011.

Husen mengatakan, investasi blok migas East Natuna sudah pasti akan tinggi karena kandungan gas karbondioksida di blok itu mencapai 71 persen. Nilai sebesar US$20 miliar itu merupakan investasi paling murah dengan skenario produksi gas didistribusikan melalui pipa ke Sumatera atau Jawa dan ekspor ke Malaysia.

Menurut dia, skema pengembangan investasi East Natuna masih akan dibicarakan dengan tiga kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) lainnya, yaitu Esso Natuna Ltd, Total E&P Activities Petrolieres, dan Petronas. Pembicaraan itu meliputi skenario pengembangan East Natuna, produksi dan distribusi gas apakah melalui pipa atau membangun LNG Plant.

"Kami belum tahu apakah membangun LNG Plant, tergantung pembicaraan nanti," katanya.

East Natuna memiliki cadangan sebesar 46 tcf dengan kandungan karbondioksida sebesar 71 persen. Husen memperkirakan, waktu pengembangan East Natuna memerlukan 6-10 tahun dan baru bisa onstream pada 2021-2022.

Pada 19 Agustus 2011, Pertamina serta ketiga KKKS lainnya menandatangani prinsip-prinsip kesepakatan (Principles of Agreement) eksplorasi dan eksploitasi wilayah East Natuna. Pertamina memperkirakan penandatanganan Production Sharing Contract dapat dilakukan pada 28 Oktober mendatang. (art)

5 Minuman Herbal Penjaga Kolesterol Tetap Terkendali
Gunakan Sepeda Motor Baru, Pelajar SMA di Brebes Terlindas Dump Truk

Kendarai Sepeda Motor Baru, Pelajar SMA di Brebes Terlindas Truk 

Rasa senang bisa memiliki sepeda motor baru untuk ke sekolah, justru berbuah petaka dialami Faizal Hadi Winata, seorang pelajar SMA Negeri 2 Brebes, Jawa Tengah.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024