Marzuki Alie:

Jika Semua Fraksi Sepakat, Banggar Bisa Bubar

Marzuki Alie
Sumber :
  • Antara/ Andika Wahyu

VIVAnews – Badan Anggaran DPR turut menjadi sorotan dalam sejumlah kasus korupsi, di antaranya suap pembangunan Wisma Atlet SEA Games di Kemenpora dan suap pencairan dana Percepatan Pembangunan Infrastruktur Daerah Transmigrasi di Kemennakertrans.

Beberapa kali disorot dalam kasus korupsi, wacana pembubaran Banggar DPR pun mencuat. Ketua DPR Marzuki Alie menyatakan, kerja Banggar sebenarnya sudah cukup banyak. “Persoalannya, database kinerja Banggar belum lengkap, sehingga menimbulkan banyak pertanyaan,” kata dia. Marzuki meminta, publik tidak menilai Banggar hanya berdasarkan uraian para pengamat.

Pembubaran Banggar, lanjutynya, hanya bisa dilakukan berdasarkan kesepakatan semua fraksi di DPR. Jika itu sampai terjadi, maka tugas dan wewenang Banggar nantinya akan dikembalikan ke komisi-komisi terkait. “Tapi tetap harus ada yang mengkoordinasikan,” tuturnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR Pramono Anung tidak sepakat dengan wacana pembubaran Banggar. “Banggar DPR adalah lembaga penyeimbang pemerintah dalam pengawasan dan pembahasan anggaran negara. Tidak perlu dibubarkan. Lebih berbahaya kalau pemerintah dibiarkan sendirian mengurusi anggaran, maka potensi penyimpangan justru akan semakin besar,” kata Pramono

“Pembahasan anggaran kan melibatkan banyak orang penting. Jadi menyimpan banyak potensi kasus seperti sekarang ini. Sayangnya orang yang menjadi master mind, kerap tidak tersentuh,” kata Pramono lagi. Oleh karena itu, ia mengundang KPK, LSM, pers, dan masyarakat, untuk memantau proses pembahasan anggaran di Banggar DPR.

Perbaiki Dop Lampu, Anggota DPRD Kubu Raya Meninggal Dunia
Sidang Putusan Sidang Perselisihan Hasil Pemilu 2024 di MK, Ganjar-Mahfud

PDIP Gugat KPU ke PTUN, Ganjar: Tugas Saya dan Pak Mahfud Berakhir Usai Putusan MK

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyerahkan proses gugatan PDIP ke pengadilan PTUN Jakarta

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024