Separuh PDIP Bolos Paripurna, Ini Alasannya

Suasana Rapat Paripurna DPR yang lengang
Sumber :
  • Antara/ Ismar Patrizki

VIVAnews - Rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat hari ini diwarnai ramainya kursi kosong. Bahkan hanya separuh dari anggota Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau 47 dari total 94 orang hadir pada Selasa 6 September 2011 ini.

Menurut Ketua Fraksi PDIP Tjahjo Kumolo, ada macam-macam alasan ketidakhadiran anggota fraksinya itu. "Baik karena sakit, keperluan keluarga, penugasan partai atau penugasan komisi/ badan/DPR sendiri," katanya melalui pesan tertulis ke VIVAnews.

Tjahjo menyatakan, imbauan untuk tidak bolos memang dikembalikan kepada anggota DPR yang bersangkutan. "Tidak mungkin sengaja membolos sidang DPR, tentunya ada alasan," kata Sekretaris Jenderal PDIP itu.

Tjahjo menyatakan, seperti dirinya, hari ini bisa mengikuti paripurna DPR, rapat kelompok fraksi dan rapat komisi. "Sore ini, saya tugas ke Bali, besok tidak bisa hadir di paripurna, izin ada tugas di Bali," katanya. "Kamis sudah di Jakarta kembali."

Data Sekretariat Jenderal DPR, sebanyak 220 anggota Dewan tidak hadir dalam hari pertama sidang paripurna di DPR. Berikut data kehadiran anggota DPR yang diperoleh VIVAnews.com:

1. Fraksi Demokrat hadir 96 dari 148 orang
2. Fraksi Golkar hadir 79 dari 106 orang
3. Fraksi PDI Perjuangan hadir 47 dari 94 orang
4. Fraksi PKS hadir 32 dari 57 orang
5. Fraksi PAN hadir 25 dari 46 orang
6. Fraksi PPP hadir 17 dari 38 orang
7. Fraksi Kebangkitan Bangsa hadir 9 dari 28 orang
8. Fraksi Gerindra 21 dari 26 orang
9. Fraksi Hanura 14 dari 17 orang.

Epy Kusnandar Ternyata Ditangkap Bersama Yogi Gamblez 'Serigala Terakhir'

(umi)

Ganjar Pranowo, Debat Kelima Calon Presiden Pemilu 2024

Gak Mau Masuk Pemerintahan Prabowo, Intip Harta Berjalan Ganjar Pranowo

Ganjar Pranowo yang merupakan capres dari PDIP tidak mau masuk pemerintahan Prabowo Subianto yang memenangkan pemilihan presiden periode 2024-2029. Seberapa tajir Ganjar?

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024