Astra Akuisisi Tol Mojokerto Rp750 Miliar

Jalan Tol Semarang-Solo
Sumber :
  • Antara/ R Rekotomo

VIVAnews - Anak perusahaan PT Astra International, PT Astratel Nusantara (Astratel) mengakusisi 95 persen saham PT.Marga Hanurata Intrinstic (MHI) dari PT. Natpac Graha Arthamas dengan nilai Rp750 miliar.

Presiden Direktur PT Astra International, Prijono Sugiarto menjelaskan untuk akuisisi itu, Astratel membayar sekitar Rp750 miliar kepada Natpac. Dana itu berasal dari internal funding induk perusahaan, Astra. Akuisisi ini dinilai strategis, karena kelanjutan dari langkah Grup Astra di bidang infrastruktur, khususnya pengembangan jalan tol di Indonesia.

“Kami berupaya ikut serta mendukung pembangunan ekonomi nasional, yakni pengembangan infrastruktur yang sangat dibutuhkan bagi pembangunan Indonesia,” ujar Prijono Sugiarto dalam keterangan tertulis yang diterima VIVAnews.com, Selasa 6 September 2011.

Ia menjelaskan komposisi pemegang saham MHI setelah akuisisi itu menjadi 95 persen Astratel, dan 5 persen Natpac. MHI adalah perusahaan yang telah menandatangani Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) dengan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) melaksanakan pengusahaan jalan tol ruas Kertosono-Mojokerto sepanjang 40,5 km.

Menurutnya, biaya proyek jalan tol ini secara keseluruhan diperkirakan sekitar Rp 3,5 triliun termasuk biaya pembebasan tanah, dan konstruksi. MHI sekarang ini telah masuk dalam tahap proses pembebasan tanah, dan melakukan pekerjaan konstruksi.

Dengan akuisisi MHI ini, lanjut Prijono, maka Astratel telah memiliki 3 ruas tol, termasuk PT Marga Mandalasakti (MMS) yang mengoperasikan jalan tol ruas Tangerang-Merak sepanjang 72,5 km, dan PT Marga Trans Nusantara (MTN) yang akan membangun, dan mengoperasikan jalan tol ruas Kunciran-Serpong sepanjang 11,2 km bekerjasama PT Jasa Marga Tbk.

"Total penyertaan Astratel untuk ketiga jalan tol ini mencapai Rp 3,4 triliun dengan total panjang jalan 124,15 km, di mana 72,5 km dikelola oleh MMS telah beroperasi," katanya.

Astratel didirikan 12 Oktober 1992 adalah perusahaan induk untuk Divisi Infrastruktur dalam Grup Astra, dan sahamnya dimiliki 100 persen oleh Astra International.

Fenomenal, 8 Fakta Menarik Buku Habis Gelap Terbitlah Terang
Ilustrasi balap liar.

Balap Liar Maut di Bekasi, Pemotor Cewek Tewas Tertabrak

Viral di media sosial, aksi balap liar di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, atau tepatnya di depan Stadion Patriot Candrabhaga.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024