Ketua KPK Busyro Bantah Bertemu Nazaruddin

Busyro Muqoddas
Sumber :
  • ANTARA/Puspa Perwitasari

VIVAnews - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Busyro Muqoddas membantah seluruh tudingan Muhammad Nazaruddin. Hal ini diungkapkan Busyro saat dimintai keterangan oleh komite etik KPK.

"Ketua KPK dengan tegas menegaskan bahwa beliau belum pernah ketemu Nazaruddin, baik di KY maupun di KPK," ujar Ketua komite etik KPK, Abdullah Hehamahua di Gedung KPK, Jakarta, Selasa 6 September 2011.

Saat rapat kerja di komisi III DPR pun, Busyro menegaskan, tidak pernah melihat Nazaruddin. "Karena beliau (Nazaruddin) tidak pernah bertanya," kata Abdullah menirukan Busyro.

Busyro juga membantah pernyataan pengacara OC Kaligis yang mengatakan, saat fit and proper test ketua KPK, Busyro bertemu dengan Nazaruddin di Hotel Kemang. "Ternyata Nazar sendiri membantahnya," imbuhnya.

Selain itu, Busyro juga menegaskan kepada komite etik bahwa, tidak ada rekayasa kasus apapun di KPK. Karena, menurut Busyro, dalam setiap gelar perkara hadir penyidik, direktur penyidik, deputi penindakan, pimpinan KPK dan satgas.

"Sehingga setiap keputusan diambil berdasarkan alat bukti sesuai KUHAP, yaitu 2 alat bukti," katanya.

Usai meminta keterangan Busyro, komite etik akan kembali meminta keterangan dari pimpinan KPK yang lain pada 19 September 2011. Sementara, Rabu 7 September 2011, besok, komite etik masih akan meminta keterangan dari pihak internal KPK.

"Saksi dari luar Kamis. Sambil kita lihat apakah Nazar bisa dimintai keterangan atau tidak oleh penyidik dan komite etik," katanya. (eh)

Houthi Tuding Arab Saudi hingga Rusia, China dan Iran Mulai Satukan Kekuatan
Sheila on 7

Terpopuler: Beberapa Selebgram Ditangkap Polres Jaksel, hingga Daftar Harga Tiket Konser Sheila On 7

Berikut deretan 4 rangkuman artikel terpopuler kanal Showbiz VIVA.co.id dalam Round Up sepanjang edisi Selasa 23 April 2024:

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024