Nazaruddin Jadikan Uangnya Bak Bola

Muhammad Nazaruddin usai diperiksa KPK
Sumber :
  • Antara

VIVAnews - Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, Muhammad Nazaruddin memiliki banyak uang. Bahkan, saking melimpahnya, tersangka suap itu suka menendang-nendang uangnya seperti 'bola'.

Hal itu dikemukakan ketua Komite etik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abdullah Hehamahua usai pemeriksaan terhadap Yulianis, mantan wakil direktur keuangan di perusahaan Nazaruddin, Permai Group, Selasa 6 September 2011.

"Setiap sore ada cash opname, cash opname bisa ada puluhan miliar uang di brankasnya. Uang itu dipakai untuk main bola. Karena uang itu kan dibundel-bundel dari bank," ujar Abdullah.

Menurut Abdullah, setiap sore Nazaruddin dan staf kepercayaannya biasa melakukan pemeriksaan saldo pada uang kas tunai yang ada dalam catatan akuntansi. Sedikitnya ada Rp30 miliar di dalam brankas milik Nazaruddin.

Karena rasa jenuh dan melimpahnya uang yang dimiliki, tak jarang Nazaruddin menjadikan uangnya sebagai bola. "Begitu saking banyaknya, setiap hari begitu, main bola. Sehingga mereka jadikan main bola. Karena setiap hari jenuh juga kan. Luar biasa ini Nazaruddin," kata Abdullah.

Selain itu, Yulianis juga menceritakan, setiap rapat berlangsung, Nazaruddin tidak memperbolehkan anak buahnya membawa alat tulis dan alat komunikasi lainnya. Hanya satu orang yang diperbolehkan membawa alat komunikasi berupa laptop yakni, Yulianis.

"Di Bakin saja itu tidak begitu, di BIN juga tidak begitu, di Istana juga tidak begitu. Satu orang yang boleh bawa laptop itu wakil bendahara. Anda bisa bayangkan begitu hebatnya Nazaruddin," puji Abdullah.

Abdullah juga mengatakan, berdasarkan pengakuan Yulianis, Nazaruddin selalu menggunakan kode di dalam buku catatan kepada siapa, dan untuk untuk siapa pun pihak yang diberikan uang.

Polisi Tetapkan TikToker Galih Loss Jadi Tersangka Kasus Dugaan Penodaan Agama
Waketum Nasdem, Ahmad Ali di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Selasa, 23 April 2024

Waketum Nasdem Temui Prabowo Subianto, Sinyal Gabung Koalisi Prabowo-Gibran Menguat?

Wakil Ketua Umum Partai Nasdem, Ahmad Ali menyambangi Presiden terpilih hasil Pilpres 2024 Prabowo Subianto di kediamannya di Jalan Kertanegara IV Jakarta Selatan, Selasa

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024