Komentar Menkeu Soal Eks Bawahan 'Makelar'

Agus Martowardojo
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Menteri Keuangan menegaskan akan membantu secara penuh proses penegakan hukum yang terkait dengan mantan pejabat kementerian itu,  Sindu Malik. Nama Sndu terseret dalam kasus suap Program Percepatan Pembangunan Infrastruktur Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Komisi Pemberantasan Korupsi sudah memanggil Sindu terkait masalah ini.

Bukan Dibakar, Begini Cara Buktikan Keaslian Madu Murni

Menurut Menteri Keuangan, Agus Martowardojo, Sindu Malik memang pernah menjadi pegawai di kementerian bagian perimbangan keuangan, tapi ia telah mengajukan pensiun sejak tahun 2009.

"Dia pensiun atas permintaan sendiri. Artinya pensiun dini. Berarti ada pertimbangan pribadi. Nah, itu sesuatu yang juga perlu diketahui kenapanya. Secara kelembagaan sudah tidak ada kaitannya dengan Kemenkeu," jelas Agus Marto saat ditemui di kantornya, Jakarta, Rabu 7 September 2011.

Agus sudah memberikan instruksi kepada jajarannya untuk siap memberikan informasi terkait Sindu Malik selama masa aktifnya, jika diminta oleh aparat penegak hukum. "Saya minta supaya jajaran Kemenkeu memberi support secara penuh," imbuhnya.

Sindu Malik terseret kasus ini berdasarkan keterangan salah seorang tersangka, Dharmawati, yang diperiksa penyidik KPK. Dharmawati adalah pegawai PT Alam Jaya Papua, perusahaan rekanan Kemenkertrans. Menurutnya, Sindu berperan sebagai penghubung atau makelar antara Pemda dengan PT Alam Jaya.

Wakil Ketua DPD Mahyudin Harap Keberhasilan Timnas Indonesia U-23 Memotivasi Anak Muda Bangsa

Kasus ini terungkap setelah KPK menangkap tangan dua anak buah Muhaimin yakni Kepala Bagian Program, Evaluasi, dan Pelaporan di Direktorat Jenderal Pembinaan Pengembangan Kawasan Transmigrasi Kemenakertrans, Dadong Irbarelawan; dan Sekretaris Direktorat Jenderal Pembinaan Pengembangan Kawasan Transmigrasi Kemenakertrans, I Nyoman Suisnaya. Mereka ditangkap bersama Dharnawati.

Dari tangan mereka KPK menemukan Rp1,5 miliar yang dimasukkan ke kardus durian. Uang itu diduga diberikan terkait dengan pencairan dana Percepatan Pembangunan Infrastruktur Daerah Transmigrasi (PPIDT) tahun 2011 di 19 kabupaten.

Dude Harlino dan Alyssa Soebandono Menyambut Anggota Keluarga Baru

Terpopuler: Artis Keturunan Darah Biru sampai Proses Kelahiran Anak Perempuan Alyssa Soebandono

Round-up dari kanal Showbiz pada Kamis, 25 April 2024. Salah satunya tentang cerita dari prosesi kelahiran anak perempuan pertama Alyssa Soebandono.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024