Penipuan Lewat Transfer Bank Marak

Gedung Bank Indonesia (BI).
Sumber :
  • VivaNews/ Nur Farida

VIVAnews - Bank Indonesia menyebutkan sejak 2007 hingga 2010 terdapat 20.316 kasus penipuan melalui transfer antar bank. Penipuan banyak terjadi akibat kelalaian nasabah saat mentransfer rekening.

Ketua Tim Mediasi Bank Indonesia, Sondang Martha Samosir, menjelaskan bahwa  dari 10 bank besar, penipuan melalui transfer rekening sejak 2007-2010 mencapai Rp161,5 miliar. Sementara kasus terbanyak terjadi pada 2009 yang mencapai 7.103 kasus dengan nilai Rp68,3 miliar. "Rata-rata setiap bank terdapat 500 kasus dengan nilai masing-masing Rp4 juta," tambahnya.

Sondang menjelaskan, kebanyakan penipuan bisa terjadi terjadi akibat kelalaian nasabah. Ia memberikan contoh, nasabah yang panik karena mendapat kabar lewat telepon bahwa kerabat atau keluarganya yang kecelakaan dan akibatnya tidak berhati-hati. Penipu meminta korban mengirimkan uang. “Nasabah mengikutinya dan setelah itu baru tersadar dan merasa tertipu," ungkapnya.

Contoh lain, ujar Sondang, nasabah mentransfer dana ke rekening orang tidak dikenal dan nasabah baru menyadari telah ditipu setelah transfer dilakukan.
“Misalnya, jual beli mobil bekas. Nasabah disuruh mentransfer dananya untuk DP (down payment) pembelian mobil namun ternyata ditipu.”

Nasabah yang tertipu itu memiliki kemungkinan yang tipis untuk mendapatkan dananya kembali. “Tapi tidak ada salahnya ketika nasabah sadar salah mentransfer dana kepada si penipu tersebut untuk mengadukan ke bank dimana rekening nasabah tersebut,” ungkapnya.

Thomas Cup dan Uber Cup Kobarkan Semangat Atlet Jelang Olimpiade 2024
Ramalan zodiak

Ramalan Zodiak Kamis 25 April 2024, Libra Lajang Bertemu Seseorang Istimewa

Ramalan zodiak Kamis, 25 April 2024. Aries ingin menjauh dari realitas sejenak. Bagi Libra yang lajang, mungkin ada kesempatan untuk bertemu seseorang yang istimewa.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024