Menkeu: Badan Anggaran DPR Tetap Dibutuhkan

Agus Martowardojo
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews – Pemerintah menilai keberadaan Badan Anggaran DPR sangat bermanfaat. Pasalnya, jika Banggar tidak ada dan kewenangannya diserahkan kepada komisi-komisi yang terpisah, maka tidak akan efektif bila pemerintah harus membahas soal anggaran dengan semua komisi.

“Tentu itu akan jadi kurang fokus. Kita harus betul-betul komitmen untuk taat azas, menjalankan fungsi anggaran yang fokus, efisien dan efektif,” ujar Menteri Keuangan Agus Martowardojo saat ditemui di kantornya di Jakarta, Rabu 7 September 2011. Agus menyarankan agar semua pihak taat kepada Undang-undang yang telah mengatur tentang peran Banggar.

Banggar, menurut Agus, adalah cerminan DPR versi kecil atau kumpulan partai. Ia mengakui, Banggar memang butuh perbaikan. “Ruang untuk perbaikan tentu banyak, dan ruang itu tidak saja di DPR, tapi di kementerian, lembaga, maupun pemda,” terangnya.

Senada dengan Menkeu, Ketua Fraksi Demokrat Jafar Hafsah juga berpendapat keberadaan Banggar masih relevan. “Banggar masih efektif untuk dipertahankan dalam berhadapan dengan APBN yang diajukan oleh pemerintah. Agar dalam fungsi budgeting, DPR dapat terkoordinasi, tidak parsial,” kata dia secara terpisah.

“Fraksi Demokrat akan mempelajari dan akan mengefektifkan pelaksanaan fungsi-fungsi Banggar, kemudian akan mengkaji dan menyempurnakannya melalui Undang-undang,” lanjutnya.

“Yang perlu diperhatikan adalah kualitas kerja. Fungsinya yang perlu diperbaiki, bukan lembaganya yang dibubarkan. Kalau ada mafia anggaran, mafianya yang ditangani. Kalau ada tikus, tikusnya yang dimatikan, bukan lumbungnya yang dibakar,” ujar Jafar.

Sebelumnya, Sekjen sekaligus Ketua Fraksi PDIP, Tjahjo Kumolo, melontarkan wacana pembubaran Banggar DPR, akibat dua kasus suap yang terjadi di dua kementerian berbeda menyinggung soal dugaan aliran dana ke Badan Anggaran DPR.

Kasus pertama adalah suap pembangunan Wisma Atlet SEA Games di Kementerian Pemuda dan Olahraga, dan kasus kedua adalah suap pencairan dana Percepatan Pembangunan Infrastruktur Daerah Transmigrasi di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi. (eh)

Lolos Jadi Anggota DPR, Denny Cagur Ungkap Kenangan Haru dengan Almarhumah Ibu
Viral Video Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen

Viral Video Transformasi Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen

Makeup pengantin adalah tata rias khusus yang dirancang untuk mempercantik dan menyempurnakan penampilan seorang pengantin pada hari pernikahannya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024