Saingi Bangkok, Malaysia Jual Durian ke China

Buah durian
Sumber :
  • nealford.com

VIVAnews - Malaysia mulai gencar mengekspor durian ke China karena melihat adanya pasar yang besar disana. Mereka berharap dapat menggantikan Thailand yang selama ini mendapat predikat sebagai penjual durian nomor satu.

Menurut stasiun berita BBC, 7 September 2011, para petani durian di bagian selatan Malaysia berharap kaum kelas menengah China akan mulai beralih membeli produk mereka.

"Durian kami adalah yang terbaik dan tak ada yang bisa menandinginya," kata Lim Kock Siong, seorang petani durian Malaysia keturunan China. "Kami memperkenalkan durian kami pada China karena merupakan pasar yang besar bagi kami.

"Jika mereka menyukai durian kami, maka akan besar dampaknya bagi kami para petani durian," tambah Lim, yang memiliki kebun durian di Johor. Selama ini, pasar terbesar durian Malaysia ada di Singapura.

Malaysia yang mulai mengekspor durian ke China sejak 15 Agustus tahun ini berharap nantinya bisa menggantikan Thailand sebagai penjual durian paling terkenal. Malaysia percaya durian mereka adalah yang paling lezat di dunia, sehingga mereka ingin mengenalkannya ke Negeri Tirai Bambu.

Untuk mendukung rencana itu, Badan Pemasaran Produk Tani Malaysia berencana kembali memasok durian ke China pada September ini. Mereka percaya, cara itu efektif membuat durian semakin terkenal.

"Dengan meningkatnya pendapatan serta jumlah penduduk China, permintaan akan buah-buahan pun meningkat. Bagi para petani Malaysia, ini jelas merupakan pasar baru," kata Tai Hui, kepala badan riset Standard Chartered Bank bagian Asia Tenggara.

Codeblu Divonis Gegar Otak Ringan Sebelum Tanding dengan Chef Arnold
Petugas jasa penukaran valuta asing memeriksa lembaran mata uang rupiah dan dolar AS di Jakarta

Rupiah Mulai Perkasa Seiring Meredanya Konflik Israel-Iran

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot menguat pada perdagangan Rabu pagi, 24 April 2024. Rupiah menguat sebesar 54 poin atau 0,34 persen ke posisi Rp 16.166.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024