Rasis, John Galliano Didenda Rp51,4 juta

John Galliano
Sumber :
  • Huffingtonpost

VIVAnews - Mantan disainer rumah mode Dior, John Galliano dihukum karena bertindak rasis. Dia diwajibkan membayar denda ditangguhkan sebesar €6.000 atau sekitar Rp51,4 juta atas dua insiden yang bersifat rasis.

Hukuman denda ini terkait insiden pada malam 8 Oktober 2010 dan 24 Februari 2011 di kafe La Perle di distrik Marais Paris. Galliano menghina secara rasis  seorang temannya yang berasal dari Asia Selatan. Mereka bertengkar selama 45 menit sebelum polisi melerai.

Elkan Baggott Menggila, Cetak Gol dan Bawa Bristol Rovers Pecundangi Mantan Klubnya

Galliano meminta maaf atas dua tindakan rasis itu. Dia menyalahkan kecanduan obat dan alkohol atas peristiwa tersebut. Akibat ulahnya pula, rumah mode Dior memecatnya.

Pengacara Galliano, Aurelien Hamelle mengatakan setelah putusan sidang Kamis, 8 September waktu setempat, "Tuan Galliano merasa lega. Lega atas peritiwa delapan bulan lalu. Sekarang dia akan memandang ke depan. Mudah-mudahan semua ini hanya akan menjadi masa lalunya." 

Galliano yang tak menghadiri sidang putusan mengatakan tengah melakukan pengobatan mengatasi kecanduan. Selain denda ditangguhkan, Galliano diperintahkan untuk membayar denda secara simbolis untuk mengganti kerusakan masing-masing korban dan lima kelompok anti-rasisme yang mengadukannya. Dia juga diwajibkan membayar biaya hukum bagi penggugat.

Galliano dituduh melakukan 'penghinaan publik berdasar asal-usul, ras agama, atau etnis'. Pelanggaran ini dapat berujung pada hukuman maksimum enam bulan penjara. Namun jaksa tidak meminta hukuman penjara bagi sang disainer.
 
Dalam sidang tanggal 22 Juni, pengadilan mendengar Galliano mendapat penjelasan dari seorang kurator menjadi seorang Yahudi terkait insiden Februari lalu. Jaksa juga menunjukkan sebuah video amatir Galliano yang sedang mabuk dan menyatakan sebagai pengikut Hitler.

Disainer 50 tahun tersebut dalam pengadilan meminta maaf atas perbuatannya. "Saya meminta maaf kepada mereka yang tidak memiliki pandangan dan keyakinan yang sama dengan saya yang menyebabkan masalah ini," ucapnya dikutip laman BBC.

Galliano juga menyalahkan tekanan di tempat kerja dan mengatakan ia kecanduan alkohol, pil valium dan obat tidur.

Galliano merupakan salah satu disainer yang mengambil alih kemudi kreatif rumah mode Dior pada tahun 1996 dan memenangkan British Fashion Designer of the Year selama empat kali.

Alasan Untung Cahyono Ungkit Pemilu Curang di Khutbah Id: Jamaah Pulang Mungkin Kebelet Pipis
Penampilan baru Park Bo Ram

Penyebab Kematian Masih Misteri, Park Boram Meninggal Dalam Kondisi Seperti Ini

Karena penyelidikan sedang dilakukan, sulit untuk mengungkapkan banyak rincian terkait kematian Park Boram yang dipastikan meninggal dunia pada usia 30 tahun.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024