Aturan Gadai Emas, BI Dekati Bank Syariah

ilustrasi emas
Sumber :
  • Adri Prastowo

VIVAnews- Bank Indonesia akan melakukan pendekatan kepada perbankan syariah terlebih dahulu sebelum mengeluarkan aturan bisnis gadai emas.

Direktur Perbankan Syariah Bank Indonesia Mulya Siregar mengatakan BI akan melakukan pendekatan melalui himbauan moral dan pendekatan pengawasan.

Netizen Murka Disebut Suara Paslon 02 Nol: Mungkin Aku yang Dimaksud Angin Tak ber-KTP

"Kami monitor sejauh mana bisnis yang dilakukan. Jika himbauan moral tidak ada dampaknya, kami akan berikan pendekatan pengawasan," ujarnya di Gedung BI, Jakarta, Jumat, 9 September 2011.

Menurutnya jika kedua pengawasan ini tidak berhasil, maka BI akan mengeluarkan aturan pembatasan gadai emas. BI tengah mengkaji sejauh mana bank syariah memiliki standar operasi prosedur (SOP) terkait bisnis gadai emas.
"Jadi jangan tiba-tiba membuat aturan, nanti bank syariah tidak kreatif kalau semuanya diatur. Pertama diimbau, lalu diawasi, baru diatur,” tambahnya.

Mulya berpendapat, jika bank syariah sudah melakukan pembatasan dengan kedua metode tersebut. Maka, BI tidak perlu menggeluarkan aturan pembatasan gadai emas.

Seperti diketahui BI akan mengatur bisnis gadai emas yang kini mulai marak ditawarkan oleh perbankan syariah. Sebab, bisnis gadai emas di perbankan syariah hanya sebagai pelengkap. Gadai itu masuk ke akad qardh yang merupakan pelengkap dari pembiayaan. BI mengkhawatirkan qardh membesar di masa mendatang dan menjadi yang utama dibanding kegiatan perbankan syariah.

Qardh merupakan akad pinjaman kepada nasabah demi tujuan komersial maupun sosial dengan ketentuan dana tersebut wajib dikembalikan kepada lembaga keuangan syariah dengan jangka waktu yang telah ditentukan. (eh)

Xabi Alonso

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil

Keinginan Liverpool mendatangkan Xabi Alonso untu musim depan nampaknya menjadi semakin kecil. Karena dikabarkan pelatih asal Spanyol itu mau bertahan di Bayer Leverkusen

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024