Kejaksaan Cekal Bekas Dirut Merpati

Pesawat Merpati
Sumber :
  • airliners.net

VIVAnews - Kejaksaan Agung mengajukan permohonan cegah kepada mantan Direktur PT Merpati Nusantara Airlines, Hotasi Nababan. Dia dicegah bepergian ke luar negeri setelah menjadi tersangka tindak pidana korupsi sewa pesawat Boeing 737 TALG USA.

"Sudah ada permintaan dari Pidsus (Pidana Khusus), sedang kita proses," kata Jaksa Agung Muda Intelijen, Edwin P Situmorang, di Jakarta, Jumat 9 September 2011.

Hotasi dilarang bepergian ke luar negeri selama enam bulan ke depan. Namun, mulai kapan Mantan Direktur PT Merpati Nusantara Airlines itu dicegah, Edwin belum dapat memastikan. "Masih diteliti kelengkapannya, kalau lengkap mudah-mudahan sore ini bisa," kata dia.

Sedangkan tersangka lainnya Guntur Aradea Direktur Keuangan PT Merpati Nusantara Airlines, Kejaksaan Agung belum mencekal. "Guntur belum," kata Edwin.

Sebelumnya, dua bekas petinggi PT Merpati Nusantara Airlines ini ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Agung terkait dugaan korupsi sewa pesawat Boeing 737-400 dan 737-500 dari perusahaan TALG di Amerika Serikat.

Kasus ini berawal pada tahun 2006, saat Direksi PT Merpati Nusantara Airlines menyewa dua pesawat Boeing 737 dari perusahaan TALG di Amerika Serikat. Biaya sewa untuk masing-masing pesawat seharga US$500 ribu.

Uang sebesar US$1 juta sudah dibayarkan ke rekening Hume & Associates melalui transfer Bank Mandiri. Namun, hingga kini pesawat tersebut belum pernah diterima PT Merpati Nusantara Airlines.

Tim Jaksa Penyidik kemudian mengendus adanya indikasi tindak pidana korupsi sebesar satu juta dolar AS dalam kasus tersebut, sehingga meningkatkan status kasus tersebut dari penyelidikan ke penyidikan.

Kejaksaan sendiri telah memeriksa mantan Dirut Merpati Cucuk Suryosuprojo dan Hotasi Nababan sebagai saksi. Selain itu, kejaksaan juga telah memeriksa Presiden Direktur Merpati, Sardjono Jhoni, sebagai saksi.

Kasus ini mencuat setelah Federasi Serikat Pekerja BUMN Bersatu melaporkan adanya dugaan praktek penggelembungan harga pesawat Merpati tersebut ke Komisi Pemberantasan Korupsi. (sj)

Pesan Penting Haedar Nashir untuk Prabowo Usai Ditetapkan Presiden Terpilih
Jefri Nichol

Diduga Sindir Chandrika Chika, Jefri Nichol Disenggol Netizen Soal Kasus Narkobanya Sendiri

Tidak sedikit netizen yang justru mengingatkan Jefri Nichol bahwa ia juga pernah tersandung kasus narkoba sehingga ia tidak semestinya menyindir orang lain.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024