Kasus Nazaruddin, KPK Harus Usut BUMN

Bendahara Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi diminta membongkar semua kasus korupsi yang pernah disebut mantan Bendahara Partai Demokrat, Muhammad Nazaruddin. KPK menyatakan Nazaruddin sedikitnya terindikasi terlibat 31 kasus dengan nilai proyek Rp6 triliun.

"KPK harus menyentuh semua ini. Karena kami pikir KPK belum menyentuh semua. KPK hanya baru melokalisasi kasus yang melibatkan Nazaruddin itu pada kasus Wisma Atlet. Dan Nazaruddin dibuat menjadi common enemy oleh KPK," kata Direktur Eksekutif Government Watch (Gowa) Andi W Syahputra, di Jakarta, Jumat 9 September 2011.

Menurut Andi, dari 31 proyek itu juga diduga melibatkan BUMN bidang konstruksi. Namun, KPK belum menyentuh pihak lain selain Nazaruddin. "Seperti Hambalang itu, semua harus dibongkar. Kode etik yang dibuat KPK itu membatasi kasus-kasus yang lain. Cobalah ditetapkan salah satu direktur BUMN itu sebagai tersangka, pasti dia akan bernyanyi," ujarnya.

Sebelumnya, sejumlah BUMN konstruksi pernah berkerja sama dengan Nazaruddin. Nilai proyeknya mencapai Rp3,7 triliun.

"KPK tidak boleh melakukan tebang pilih dan berhenti melakukan pemeriksaan kasus korupsi hanya pada Wisma Atlet. Ini perlu supaya memberikan efek jera bagi pemain proyek," ujarnya.

Andi menduga, KPK hanya akan berhenti pada kasus PT Duta Graha. Padahal, sejumlah proyek BUMN karya diduga bekerja sama dengan Nazaruddin.

Total proyek konstruksi dari APBN yang digarap Nazaruddin untuk BUMN karya mencapai lebih dari Rp3,7 triliun. Padahal, masih banyak lagi proyek-proyek lain yang rawan dikorupsi, mengingat total anggaran infrastruktur mencapai Rp106 triliun lebih.

Trade Minister Reveals Cause of Onions Price Hike

"Kembali kami tegaskan, KPK harus membuka semua kasus yang disampaikan Nazaruddin. Karena keyakinan kami, Nazaruddin tidak bermain sendiri, pasti ada pihak lain bersama dia. Jika tidak disentuh, berarti KPK memang sengaja melokalisir dan membatasi pengusutan kasus itu,” ujar Andi. (art)

Jasa membersihkan lampu mobil.

6 Cara Ampuh dan Mudah Bersihkan Mika Lampu Mobil yang Kusam

Lampu mobil menjadi salah satu komponen penting, karena menyangkut dengan keselamatan pengendara dan juga pengguna jalan lainnya. Maka itu, mika lampu jangan sampai kusam

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024