KUR Berhasil, Pengusaha Menengah Dibidik

Erwin Aksa
Sumber :
  • VIVAnews/Anda Nurlaila

VIVAnews - Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Erwin Aksa menganggap, program Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang digagas pemerintah berhasil. Saat ini, seharusnya pemerintah juga memberikan kredit usaha bagi pengusaha-pengusaha kelas menengah.

"Kelompok usaha menengah pemerintah harus membesarkan, ini kecil sekali, karena kalau kredit usaha mikro berhasil sekali, tapi yang nilainya sekitar Rp5 sampai 10 miliar, kan belum," kata Erwin Aksa, disela acara Penyampaian Visi dan Misi Calon Ketua Umum HIPMI Periode 2011-2014 di hotel Darmawangsa, Jakarta Selatan, Selasa malam 13 September 2011.

Pemerintah, kata Erwin, harus meningkatkan plafonnya agar pengusaha kelas menengah juga dapat mengembangkan usahanya. "KUR sudah 103 persen, target pemerintah sudah tercapai, bank sangat mudah untuk memberikan kredit mikro, kalau untuk menengah lebih banyak syaratnya, banyak jaminannya, kelompok menengah ini yang akan bersinergi dengan UKM, kalau gap-nya jauh, ini akan terjadi tidak masalah," ungkap Erwin.

Memang, lanjut Erwin, untuk kredit mikro tidak terlalu sulit untuk pengajuannya, tetapi yang sangat sulit itu kelompok usaha menengah, yaitu nilai pengajuannya sekitar kurang dari Rp10 miliar.

"Misalnya orang yang ingin membangun hotel-hotel kelas melati, pengusaha yang ingim membangun pom bensin, itu kan banyak," kata Erwin. "Pemerintah harus memberikan kemudahan bagi pengusaha menengah, plafonnya di naikan yang tadi nya misal Rp500 juta menjadi Rp1-2 miliar," ujar Erwin.

Erwin menuturkan, jumlah pengusaha kelas menengah saat ini tidak sampai lima persen dari penduduk Indonesia atau tepatnya hanya sekitar dua sampai tiga persen saja.

"Kesempatannya hanya bagaimana orang mendapat akses kredit, bank sekarang ragu-ragu, seharusnya pengusaha mikro yang naik kelas, rasionya harus kita hitung lima sampai tujuh persen pengusaha besar, pengusaha menengah 20 persen, pengusaha mikro yang lebih banyak," ungkapnya.

Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng
Timnas Indonesia

Fenomenal, Timnas Indonesia U-23 Lolos Semifinal Piala Asia U-23 Usai Kalahkan Korsel

Timnas Indonesia U-23 berhasil lolos ke babak semifinal Piala Asia U-23. Itu setelah mengalahkan Korea Selatan di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar Jumat dini har

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024