Atasi Kebosanan Pernikahan

Pasangan menikah menjadi gemuk
Sumber :
  • inmagine

VIVAnews - Banyak cara yang dapat dilakukan untuk memelihara cinta hingga akhir hayat. Namun tak dapat dipungkiri, rasa hambar atau bosan pasti akan menghiasi masa-masa pernikahan.

Anggota DPR Salut Kejagung Berani Usut Dugaan Korupsi di Sektor Tambang

Jika pernikahan menjadi rutinitas sehari-hari yang membosankan tanpa komunikasi yang lancar, kehidupan pernikahan bisa menjadi hambar. Inilah yang menjadi pemicu munculnya kecurangan dan perselingkuhan. Ingin pernikahan tetap awet?  Berikut empat cara ampuh dari Oprah.com yang wajib Anda coba.

1. Buat daftar positif dan negatif

Buatlah daftar sifat-sifat positif dan negatif dari kedua orang tua Anda. Lalu, buat daftar yang serupa yang menggambarkan Anda dan pasangan Anda. Lihatlah koneksi yang terjalin. Pelajari dan analisa hasil tersebut, Anda pun akan belajar banyak dari kedua orang tua Anda bagaimana menghubungkan dua pribadi yang berbeda.

2. Buat daftar yang disukai dan tidak disukai
Tuliskan apa saja yang Anda sukai dan tidak Anda sukai dari pasangan Anda serta dari diri Anda sendiri. Lalu, bandingkan keduanya dan berbagilah dengan pasangan Anda.

3. Atasi kebosanan dan frustasi

Pikirkan bagaimana Anda menangani frustasi. Apakah Anda cenderung membesar-besarkan masalah atau menyembunyikannya? Jika Anda cenderung membesar-besarkan masalah, Anda adalah seorang 'maximizer', sedangkan jika Anda cenderung menyembunyikannya, Anda adalah 'minimizer'.

Hampir di setiap hubungan selalu ada maximizer dan minimizer. Inilah sumber konflik. Cara untuk mengubah ini semua hanyalah dengan mencoba berubah menjadi apa yang dilakukan pasangan Anda, begitu pula pasangan Anda menjadi apa yang biasa Anda lakukan.

Jika Anda berhasil melakukannya, Anda akan lebih mengerti posisi pasangan Anda.

4. Diskusi

Tanyakan pasangan Anda terkait kekecewaan terdalamnya terhadap Anda. Lalu, tanyakan apa yang dia sangat butuhkan dari Anda. Dengarkan setiap kata yang terucap tanpa bereaksi. Analisa sudut pandangnya, dan ungkapkan empati. Mendiskusikan keluh kesah masing-masing bisa menjadi cara untuk memahami satu sama lain.

Pemain Timnas Indonesia, Justin Hubner

Drama Penalti Diulang Justin Hubner hingga Penalti Gagal Bikin Deg-degan Suporter Timnas

Duel Timnas Indonesia U-23 melawan Timnas Korea Selatan U-23 di perempat final Piala Asia U 23 benar-benar membuat jantungan suporter Timnas

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024