Bagaimana 'Bermain' di Badan Anggaran DPR

Tulisan
Sumber :
  • Antara/ Rosa Panggabean

VIVAnews - Yudi Widiana Adia, politikus Partai Keadilan Sejahtera yang duduk di Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat, menyatakan sebenarnya sistem kerja Badan Anggaran DPR sangat terbuka dan transparan.

Harus Responsif Layani Jemaah, Kinerja Petugas Haji Dituntut Makin Profesional

Namun, lanjut Yudi, sebuah sistem tentu saja mempunyai kelemahan. Menurut dia, tuduhan Farhat Abbas, pengacara tersangka penyuapan Dharnawati, bahwa ada seorang pria berinisial DN yang bisa mencairkan anggaran di DPR, menjadi petunjuk yang bersangkutan sangat memahami sistem itu.

"Badan Anggaran itu hanya mengkompilasi anggaran, agar jangan sampai pendapatan dan pengeluaran jomplang," kata Yudi saat dihubungi VIVAnews.com, Jumat 16 September 2011. "Hak untuk program ada di Komisi," kata Yudi.

Kemudian, karena sifatnya mengkompilasi, Badan Anggaran memiliki waktu terbatas untuk membahas rinci sebuah program. Badan Anggaran hanya bisa menaikkan, menurunkan atau menghapus anggaran untuk program tertentu. Peluang inilah yang menurut Yudi bisa diambil seseorang seperti DN. "Yang mengetahui rinci program tentu saja anggota Badan Anggaran yang berasal dari komisi terkait," kata Yudi.

Ajakan Rujuknya Ditolak, Pria Bakar Mobil dan Rumah Mantan Istri

DN ini mungkin menguasai program yang datang dari Komisi IX yang menangani tenaga kerja dan transmigrasi, sehingga mengklaim bisa membantu mencairkan anggarannya.

Dia lalu bekerja sama dengan oknum anggota DPR untuk melobi anggaran termasuk dengan 'sistem ijon' atau membayar di muka anggaran yang akan diturunkan. Misalnya, 10 persen dari nilai anggaran seperti dilansir Farhat Abbas. Dan menurut Yudi, tindakan seperti itu melawan hukum.

Mobil SIM Keliling

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bandung, Bogor, Bekasi Rabu 8 Mei 2024

Dilansir dari laman Korlantas Polri Rabu 8 Mei 2024 bagi yang ada di wilayah Jakarta Pusat bisa datang ke Kantor Pos Lapangan Banteng. Satu mobil SIM Keliling ada di wila

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024