DPR Tagih Calon Dua Deputi Gubernur BI

Deputi Gubernur Bank Indonesia Muliaman D Hadad
Sumber :
  • Vivanews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews- Komisi Keuangan dan Perbankan DPR (Komisi XI) menunggu presiden mengirimkan nama calon dua Deputi Gubernur BI yang berakhir masa jabatannya akhir tahun ini. Komisi XI bahkan sudah mengirimkan surat kepada presiden agar segera mengirim nama-nama pengganti posisi Muliaman D Hadad dan Almarhum Budi Rochadi.

"Komisi XI melalui pimpinan DPR telah mengirimkan surat kepada presiden agar segera mengirimkan calon pengganti dua Deputi Gubernur BI," kata Wakil Ketua Komisi XI Harry Azhar Azis saat dihubungi VIVAnews.

Jabatan Deputi Gubernur BI Muliaman Hadad berakhir pada 22 Desember 2011. Sementara Almarhum Budi Rochadi saat ini posisinya digantikan oleh Ardhayadi Mitroatmodjo.

Menurut Harry, berdasarkan UU BI, sebelum tiga bulan jabatan berakhir, nama calon pengganti Deputi Gubernur sudah harus masuk ke DPR.
"Berarti tanggal 22 September nama-nama calon usulan presiden harus sudah masuk," ujarnya.

Nama calon deputi Gubernur yang diajukan oleh presiden itu berasal dari usulan Gubernur BI. Usulan itu lalu dipertimbangkan oleh presiden, dan nama-nama calon dikirim ke DPR. Setelah itu Komisi XI melakukan uji kelayakan (fit and proper test).
"Dalam fit and proper test itu bisa dipilih atau bisa ditolak," tambahnya.

Sementara Gubernur BI Darmin Nasution mengatakan nama-nama calon Deputi Gubernur BI masih digodok. Nama-nama pengganti akan disampaikan kepada presiden untuk dipertimbangkan.
"Saya lihat dulu jadwalnya. Kalau tidak September ya Oktober dikirim, masih digodok," ujar Darmin minggu lalu.

Petinggi PPP Minta Pimpinan Realistis Segera Gabung Koalisi Prabowo-Gibran
Kabah di Mekah, Arab Saudi.

Setelah 9 Tahun, Jemaah Haji Iran Akhirnya Diperbolehkan Datang ke Mekah

Warga Iran mulai menunaikan ibadah haji sejak Teheran dan Riyadh menyetujui kesepakatan yang ditengahi Tiongkok tahun lalu untuk memulihkan hubungan.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024