Bincang Hati

Terjebak Mitos Pernikahan di Keluarga

ilustrasi
Sumber :
  • reekoheek.files

Tanya:
Saya sudah menjalani hubungan cukup lama dengan kekasih. Selama ini, ada yang kami sembunyikan dari orangtua masing-masing. Kami terjebak mitos tradisi keluarga yang mungkin tak masuk akal, tapi tak bisa kami abaikan begitu saja.

Kebetulan kami tumbuh di tengah keluarga yang kental dengan tradisi Jawa. Dalam adat keluarga, pasangan yang akan menikah harus melalui penghitungan kecocokan melalui tanggal lahir. Saya sudah bertanya kepada satu orang yang dituakan di keluarga, katanya saya tidak cocok dengan kekasih saya. Katanya, jika kami nekat menikah hubungan tak akan bahagia.

Kami menyembunyikan persoalan ini dari orangtua masing-masing. Kami yakin orangtua kami tak akan merestui jika mereka tahu, karena mereka sangat mempercayai penghitungan dari penanggalan Jawa. Apa yang harus kami lakukan karena kami tak ingin berpisah?

BE

Jawab:

Anda harus bisa meyakinkan keluarga bahwa jodoh dan rezeki Tuhan yang mengatur. Memang Anda harus berani mengambil langkah besar untuk menghadapi keluarga.

Mungkin Anda perlu berkonsultasi dengan anggota keluarga lain yang memiliki pandangan lebih rasional. Kalau perlu, libatkan anggota keluarga lain untuk membantu Anda memberi penjelasan kepada orangtua masing-masing. Yakinkan orangtua bahwa hubungan Anda terjalin harmonis, bila ada hal-hal negatif itu mungkin hanya peringatan untuk menuju kehidupan yang lebih baik.

EVOS dan Pop Mie Rayakan 6 Tahun Kolaborasi, Perkuat Komitmen untuk Majukan Esport Indonesia

Baca juga: Ponsel Khusus untuk Berciuman

Konsultan: Feri Purwo

Pembunuhan di Wonogiri Ternyata Motifnya Sakit Hati, Korban Tidak Boleh Balikan dengan Mantan

Feri PurwoJika Anda punya masalah percintaan atau perkawinan, kirimkan pertanyaan Anda ke rubrik 'Bincang Hati' melalui email " konsultasi.fiesta@vivanews.com ". Jangan lupa untuk mencantumkan nama lengkap Anda dan pasangan, berserta tanggal lahir. Nama pengirim akan disamarkan. Anda juga bisa curhat di www.curhaters.com atau di Twitter di @Feripurwo.

Pasangan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming.

Kemenangan Prabowo-Gibran Diharap Jadi Peluang Kembangkan Ekonomi Berbasis Laut

Pasangan Prabowo-Gibran bakal memimpin Indonesia periode 2024-2029 setelah MK menolak seluruh permohonan terkait Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024