Lelang 9 Blok Migas, RI Dapat US$106,9 Juta

kilang minyak
Sumber :
  • www.dpi.vic.gov.au

VIVAnews - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memperoleh komitmen investasi sebesar US$106,9 juta atau setara Rp962,1 miliar (kurs Rp9.000 per dolar AS) dari pelelangan 9 blok migas. Pemerintah juga mendapatkan bonus tanda tangan sebesar US$9,58 juta.

Terpopuler: Pendakwah yang Diduga Terlibat Kasus Korupsi sampai Chicco Jerikho Sakit Sepsis

Pada pelelangan blok migas kali ini, pemerintah sebenarnya menawarkan 11 wilayah kerja (WK/blok) migas. Namun hanya 9 blok Migas yang diminati oleh peserta lelang.

Sebelas blok tersebut antara lain Ranau, North East Madura, West Tanjung, Belayan, East Simenggaris, North Ganal, Babar Selaru, Obi, North Semai, West Berau dan Semai IV. Namun dua blok, North Semai dan West Berau tidak diminati.

"North Semai ada dua perusahaan yang mengambil dokumen dan West Berau tiga perusahaan tapi tidak ada yang mengembalikan karena kelihatannya mereka ragu-ragu," kata Dirjen Migas, Evita Legowo di Jakarta, Rabu 21 September 2011.

Atap RS Bunda Margonda Jebol Dihantam Hujan Badai, Begini Kondisinya

Evita menjelaskan dalam pelelangan blok migas kali ini, pemerintah mengapresiasai banyaknya perusahaan kecil turut menjadi peserta lelang. Hal ini memang sengaja dilakukan Pemerintah untuk memberikan kesempatan perusahaan swasta nasional ikut berpartisipasi dalam eksplorasi migas.

Pemerintah juga saat ini saat ini sedang menggodok aturan berupa insentif dan disinentif untuk meningkatkan eksplorasi dan peningkatan produksi minyak (enhanced oil recovery/EOR) kepada Kontraktor Kontrak Kerjasama yang konsisten.

"Ada disinsentif kalau mereka tidak do something (melakukan eksplorasi). Sekarang kita berikan kesempatan eksplorasi tiga tahun pertama,"jelasnya.

Berikut ini sembilan blok migas yang berhasil dilelang

5 Fakta Menarik Jelang Duel AS Roma vs AC Milan di Liga Europa

1. WK Ranau yang terletak di Onshore Lampung dimenangkan oleh PT Prabu Energy Pty Ltd dengan komitmen eksplorasi US$8,6 juta dan bonus tanda tangan pemerintah US$1 juta.

2. WK West Tanjung dimenangkan oleh PT Karya Inti Petroleum dengan komitmen eksplorasi sebesar US$3,6 juta dan bonus tanda tangan sebesar US$1 juta.

3. WK Belayan, dimenangkan oleh PT Karya Inti Petroleum dengan komitmen eksplorasi sebesar US$9,5 juta dan bonus tanda tangan sebesar US$1,050 juta.

4. WK East Simenggaris dimenangkan oleh PT Cahaya Sumber Energi Pratama dengan komitmen eksplorasi US$11,550 juta dan bonus tanda tangan sebesar US$1.030 juta.

5. WK North Ganal dimenangkan oleh Konsorsium Niko Resources Ltd-PT Baruna Nusantara Energy-Statoil ASA-Eni Indonesia Ltd-GDF Suez New Project Indonesia dengan total komitmen eksplorasi sebesar US$31,4 juta dengan bonus tanda tangan sebesar US$1 juta.

6. WK Babar Selaru dimenangkan oleh Konsorsium Inpex Corporation-Jogmec dengan total komitmen investasi sebesar US$31,5 juta dan bonus tanda tangan pemerintah sebesar US$1,5 juta.

7. WK Obi yang terletak di offshore Halmahera dimenangkan oleh konsorsium Niko Resources Overseas XII Ltd-Statoil ASA-Manley NV dengan nilai komitmen eksplorasi sebesar US$1,8 juta dan bonus tanda tangan sebesar US$1 juta.

8. WK Semai IV dimenangkan oleh Murphy Overseas Ventures Inc dengan komitmen investasi sebesar US$2,450 juta dan bonus tanda tangan sebesar US$1 juta.

"Total investasi komitmen eksplorasi sebesar US$106,9 juta untuk tiga tahun sedangkan bonus tanda tangan yang akan diterima langsung oleh pemerintah sebesar US$9,58 juta," kata Evita. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya