Faktor Keamanan, Chevron Lepas East Ambalat

Chevron Profit
Sumber :
  • Getty Images

VIVAnews - Badan Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas (BP Migas) mengakui PT Chevron Indonesia akan mengembalikan pengoperasian blok East Ambalat karena alasan keamanan.

Kepala Divisi Humas, Sekuriti, dan Formalitas BP Migas Gde Pradnyana menyatakan blok East Ambalat nantinya akan diberikan kepada PT Pertamina (Persero).

"Alasannya Chevron sulit melakukan eksplorasi karena masalah keamanan," kata Gde Pradnyana di Jakarta, Rabu 21 September 2011.

Gde mengatakan Chevron saat ini memasuki masa kedua eksplorasi di blok Ambalat, yaitu memasuki tahun keempat eksplorasi. Pemerintah pada 2010 lalu telah memperpanjang masa eksplorasi Blok East Ambalat yang terletak di perbatasan RI-Malaysia.

Saat ditanya berapa investasi yang telah dikeluarkan Chevron untuk melakukan eksplorasi selama 4 tahun di East Ambalat, Gde mengaku belum mengetahuinya secara detil. Sebab, hingga saat ini laporan dan serah terima blok East Ambalat belum dilakukan.

"Kan masih dalam eksplorasi, belum ada kelihatan secara fisik," katanya.

Seperti diketahui pada 2009 lalu East Ambalat diklaim oleh negeri jiran Malaysia sebagai wilayah eksplorasi mereka. Selain East Ambalat, Malaysia juga mengklaim Blok Ambalat yang dioperasikan ENI sebagai miliknya. Sedang, Blok Bukat yang juga berada di perbatasan utara dengan Malaysia tidak diklaimnya.

Ada Apa dengan Lolly? Ungkapan Capek dan Keinginan Hidup Tenang Jadi Sorotan

Seperti diberitakan sebelumnya, para ahli perminyakan, memperkirakan nilai cadangan minyak dan gas yang terkandung di Ambalat mencapai Rp 4.200 triliun atau tiga kali utang Indonesia. (eh)

Pengemudi Fortuner arogan pakai pelat palsu TNI.

Pengemudi Fortuner Arogan yang Ngaku Adik Jenderal Buang Pelat TNI Palsu di Bandung

Polisi masih mencari barang bukti berupa pelat dinas TNI palsu yang digunakan seorang pria berinisial PGWA pada mobil Fortunernya.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024